Virus Corona

Inilah Rumah Ibadah Pertama di Jakarta, Masjid Ash Shalihin di Koja Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19

Ketua Dewan Masjid Indonesia DKI, Ma'mun Al Ayyubi mengatakan, inovasi rumah ibadah gelar vaksinasi untuk mempercepat terciptanya herd immunity.

Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Masjid Ash Shalihin di Jalan Walang Baru Raya RT 07 RW 07 Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara dipilih sebagai rumah ibadah pertama yang menggelar vaksinasi di DKI Jakarta. 

WARTAKOTALIVE.COM, KOJA -- Masjid Ash Shalihin, di Jalan Walang Baru Raya RT 07 RW 07 Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara dipilih sebagai rumah ibadah pertama yang menggelar vaksinasi di DKI Jakarta.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta, Ma'mun Al Ayyubi mengatakan, inovasi ini untuk mempercepat terciptanya herd immunity atau kekebalan komunal di masyarakat. 

"Kami ingin masjid jadi sentra dalam penanganan vaksinasi bagi jamaah dan masyarakat sekitarnya," kata Ma'mun, Jumat (30/7/2021).

Video: Vaksinasi Covid-19 di Terowongan Jalan Kendal, Jakarta Pusat

Selain itu kegiatan tersebut juga sekaligus untuk mengedukasi jamaah dan warga sekitar rumah ibadah bahwa vaksinasi aman dan halal.

Ma'mun menambahkan program vaksinasi di masjid ini akan terselenggara secara kontinu pada 44 kecamatan di DKI Jakarta dimana kegiatannya dijadwalkan terselenggara setiap akhir pekan.

"Untuk yang perdana ini memang hari Jumat, tapi ke depannya diagendakan setiap Sabtu dan Minggu mengingat pada hari kerja (Senin-Jumat) tenaga kesehatan sebagai vaksinator sibuk bertugas melayani masyarakat," jelasnya.

Baca juga: Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 SMA di Kota Bekasi, Wagub Jabar: Tidak Ada Tanggung Jawab Sektoral

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Kota Tangerang Tembus 23 Ribu Dosis Per Hari, Ini Rincian dari Dinas Kesehatan

Kepala Puskesmas Kecamatan Koja, dr. Sri Puji Astuti mengatakan ada 300 dosis vaksin jenis Sinovac untuk para peserta vaksinasi di Masjid Ash Shalihin tersebut. 

Sementara itu ada empat tenaga medis sebagai vaksinator yang disiagakan di lokasi dengan juga dibantu sejumlah kader kemasyarakatan seperti PKK, Dasawisma, pengelola RPTRA) dan lainnya.

"Kami siapkan tiga ratus dosis, tapi itu bisa kami tambah jika peserta melebihi target," tutupnya. (jhs)

Masjid Ash Shalihin, di Jalan Walang Baru Raya RT 07 RW 07 Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara terpilih menjadi rumah ibadah pertama menggelar vaksinasi di DKI Jakarta. 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved