Permudah Peserta Mendaftar Maupun Bayar Iuran, Berikut Kanal Kerjasama BPJS Ketenagakerjaan

BPJamsostek memanfaatkan kemudahan teknologi untuk semakin mempermudah pesertanya dalam melakukan pendaftaran maupun pembayaran iuran.

Editor: Mohamad Yusuf
BPJamsostek
Direktur Kepesertaan BPJamsostek, Zainuddin 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Industri 4.0 yang marak saat ini sangat erat kaitannya dengan penggunaan teknologi untuk memudahkan masyarakat dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

BPJamsostek, begitu sebutan BPJS Ketenagakerjaan, juga memanfaatkan kemudahan teknologi ini untuk semakin mempermudah pesertanya dalam melakukan pendaftaran maupun pembayaran iuran.

Saat ini, sedikitnya 13 kanal telah dibuka untuk dapat mengakomodir layanan kepada peserta.

Baca juga: Mengintip Perkiraan Gaji Wakil Komisaris BRI, Posisi yang Ditinggalkan Rektor UI Ari Kuncoro

Baca juga: Ketika Oknum Satpol PP, Dishub hingga BPBD Kompak Pungli ke Sopir Truk Modus Surat Vaksin Covid-19

PILU, Suami Istri Ini Terpaksa Jual Panci hingga Rice Cooker untuk Beli Beras Akibat Terdampak PPKM

Sebut saja Linkaja, Cermati.com dan Agen 46 yang telah mengakomodir pendaftaran dan pembayaran iuran bagi peserta BPJamsostek.

Sementara kanal lainnya seperti Aplikasi Tokopedia, Gopay, Shopeepay dan Grab, mobile banking Bank-bank Himbara (Himpunan Bank milik Negara) dan Bank BCA, dapat digunakan untuk membayarkan iuran BPJamsostek.

Direktur Kepesertaan BPJamsostek, Zainuddin, mengatakan pihaknya akan terus menambah kanal, khususnya untuk pendaftaran peserta, agar masyarakat dapat semakin mudah untuk mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJamsostek.

“Saat ini sebanyak 48,6 juta pekerja telah terdaftar sebagai peserta BPJamsostek, itu baru separuh dari populasi pekerja yang eligible untuk terdaftar sebagai peserta BPJamsostek. Tugas kami untuk memperluas cakupan perlindungan, salah satu caranya adalah dengan meningkatkan experience pelayanan peserta dan mempermudah akses dalam mendaftar dan membayar iuran BPJamsostek,” tuturnya, Kamis (29/7/2021).

Dirinya menambahkan, generasi pekerja milenial merupakan sektor pekerja yang tentunya sudah sangat akrab dengan pemanfaatan teknologi.

Harapannya adalah dengan menyediakan platform pembayaran yang beragam dan dekat melalui aplikasi yang digunakan sehari-hari akan menghasilkan imbas positif pada cakupan perlindungan pekerja di Indonesia.

“Jadi makin banyaknya pilihan akses pendaftaran dan pembayaran iuran ini harapannya akan semakin mempermudah para pekerja untuk mendapaktan perlindungan jaminan sosial, terlebih iuran yang dibayarkan cukup terjangkau mulai dari 16.800 per bulan,” kata Zainudin

Tak henti-henti Zainudin mengingatkan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja agar dapat bekerja dengan tenang.

Dengan iuran yang sangat terjangkau tersebut, pekerja sudah mendapatkan perlindungan terhadap dua risiko kerja.

Baca juga: CATAT! Terbitkan Aturan PPKM Level 4, Anies: Pasar Buka hingga Pukul 13.00, Swalayan Sampai 20.00

Baca juga: HATI-HATI! Penggunaan Narkoba di Tengah Pandemi Meningkat 45.227 Kasus, Pengedar Manfaatkan Situasi

Baca juga: Hasil Tes PCR Tetap Positif Setelah 2 Minggu, Perlukah Tes Ulang? Berikut Penjelasan dari WHO

Yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm) dengan manfaat yang relatif cukup besar, bahkan ada beasiswa dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi, dengan total 174juta bagi 2 anak pekerja yang mengalami kejadian meninggal dunia.

Ke depan, BPJamsostek akan terus berinovasi untuk memperluas cakupan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ini.

“Semoga dengan perluasan kanal pendaftaran dan pembayaran ini tidak hanya menjadi tonggak keberhasilan perluasan cakupan kepesertaan tapi juga dapat dijadikan sebagai transformasi pembayaran secara digital yang efektif, efisien dan berkesinambungan,” tutup Zainudin.

Pada kesempatan lain Deputi Direktur BPJamsostek Wilayah DKI Jakarta Eko Nugriyanto menyampaikan bahwa BPJamsostek akan terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh pekerja dan keluarganya, salah satunya dengan memberikan kemudahan dalam pendaftaran peserta dan pembayaran Iuran.

"Dengan memberikan kemudahan pendaftaran dan pembayaran iuran melalui kanal-kanal alternatif tersebut, juga diharapkan agar tumbuh kesadaran bagi masyarakat terhadap pentingnya mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan," ujar Eko.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved