Breaking News:

Telah Disepakati, Tol yang Menghubungkan ke Bandara YIA akan Dibangun

Saat ini, telah disepakati sinkronisasi desain konektivitas jalan tol yang akan terhubung dengan YIA.

Editor: Mohamad Yusuf
Angkasa Pura I
Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo (YIA), yang disebut Presiden Joko Widodo sebagai bandara terbaik di Indonesia, akan semakin mudah diakses melalui jalur darat dengan rencana hadirnya akses tol yang terkoneksi langsung dengan YIA. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Tol yang menghubungkan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo (YIA) akan segera dibangun.

Pembangunan itu telah disepakati sinkronisasi desain konektivitas jalan tol yang akan terhubung dengan YIA oleh Direktorat Jenderal Bina Marga, Sekretariat Daerah Istimewa Yogyakarta, PT Angkasa Pura I (Persero), Badan Pengatur Jalan Tol, dan PT Jogjasolo Marga Makmur.

Dengan pembanguna tol itu bandara YIA akan semakin mudah diakses melalui jalur darat dengan rencana hadirnya akses tol yang terkoneksi langsung dengan YIA.

Pembangunan tol tersebut adallah Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo dengan Jalan Akses Tol menuju YIA dan Jalan Akses Tol menuju Akses YIA-Borobudur (Kawasan Bedah Menoreh), 

Baca juga: Mengintip Perkiraan Gaji Wakil Komisaris BRI, Posisi yang Ditinggalkan Rektor UI Ari Kuncoro

Baca juga: Ketika Oknum Satpol PP, Dishub hingga BPBD Kompak Pungli ke Sopir Truk Modus Surat Vaksin Covid-19

PILU, Suami Istri Ini Terpaksa Jual Panci hingga Rice Cooker untuk Beli Beras Akibat Terdampak PPKM

Adapun kesepakatan terkait sinkronisasi desain konektivitas tol yang akan terhubung dengan YIA tersebut mencakup rencana desain akses simpang susun YIA pada Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA.

Dengan desain persimpangan tidak sebidang dari dan menuju YIA yang difasilitasi dengan lajur tersendiri dan menuju (exit) Jalan Akses YIA-Borobudur (Kawasan Bedah Menoreh), perincian penanganan simpang akses jalan tol, dan hal-hal lainnya.

"Angkasa Pura I senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan di bandaranya, salah satunya dengan penyediaan fasilitas dan peningkatan aksesibilitas menuju bandara," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, Rabu (28/7/2021).

Dengan telah disepakatinya sinkronisasi desain konektivitas jalan tol yang terhubung langsung dengan Bandara Internasional Yogyakarta atau YIA ini, maka para pemangku kepentingan dapat melakukan proses selanjutnya.

"Yaitu terkait pembangunan tol dan aksesibilitasnya sehingga akses tol dari dan menuju YIA ini dapat segera terwujud. Akses tol ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk menjangkau YIA," kata Fahmi. 

Sebagai informasi, pada 17 Agustus 2021 mendatang, di YIA juga akan dioperasikan kereta api (KA) Bandara YIA.

Akan menghubungkan YIA di Kulon Progo dengan Stasiun Tugu Yogyakarta, di mana KA Bandara YIA akan semakin melengkapi pilihan moda transportasi lanjutan yang kini telah ada di YIA.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved