Breaking News:

Virus Corona

Satgas Covid-19 Keluarkan Aturan Baru Perjalanan Dalam Negeri, Begini Syarat Naik Pesawat

Ia mengatakan, tujuan diterbitkannya SE tersebut untuk menekan laju penularan Covid-19 dan belum menurunnya angka kasus positif secara signifikan.

Editor: Dedy
Wartakotalive.com
ILUSTRASI --- Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang mulai pekan ini membuka sentra vaksinasi Covid-19 di Terminal 2 dan Terminal 3 bagi calon penumpang pesawat. Setiap calon penumpang pesawat yang memiliki tiket penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta dapat menjalani vaksinasi secara gratis di lokasi tersebut. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA --- Guna menekan laju penularan Covid-19 dan belum meredanya kasus positif secara siginifikan, pihak Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menerbitkan Surat Edaran.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

Ia mengatakan, tujuan diterbitkannya SE tersebut untuk menekan laju penularan Covid-19 dan belum menurunnya angka kasus positif secara signifikan.

SE Nomor 16 Tahun 2021 Tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi ini efektif mulai berlaku mulai 26 Juli sampai waktu yang ditentukan kemudian.

"Dan tingkat kepatuhan protokol kesehatan masyarakat masih rendah. Pembatasan aktivitas perjalanan masyarakat dilakukan dalam rangka menekan angka penularan Covid-19,” kata Wiku dalam keterangan tertulis, Selasa (27/7/2021) seperti dilansir  Kompas.com.

* Syarat naik pesawat untuk kategori PPKM level 4 dan 3

Bagi pelaku perjalanan jarak jauh dengan moda transportasi udara dari dan ke pulau Jawa dan Pulau Bali, serta daerah kategori PPKM level 4 dan PPKM Level 3 wajib menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama).

Selain itu, pelaku perjalanan harus menunjukan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat penerbangan.

* Syarat naik pesawat untuk kategori PPKM level 1 dan 2

Bagi Pelaku perjalanan dengan moda transportasi udara dari dan ke daerah yang ditetapkan kategori PPKM Level 1 dan 2 wajib menunjukan hasil negatif RT-PCR atau hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved