Breaking News:

Berita Depok

Raih WTP 10 Kali Berturut-turut, DPRD Kota Depok Minta Pemkot Termotivasi untuk Lebih Transparan

Pemkot Depok raih QTP 10 kali berturut-turut. DPRD Kota Depok justru meminta Pemkot termotivasi untuk lebih transparan dan akuntabel.

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Dodi Hasanuddin

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Raih WTP 10 kali berturut-turut, DPRD Kota Depok minta Pemkot Depok termotivasi untuk lebih transparan.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Depok Edi Masturo mengatakan, meski Pemerintah Kota Depok meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke -10 kalinya.

Namun, diharapkan pencapaian tersebut dapat memotivasi Pemkot Depok untuk bekerja lebih baik.

Edi juga mengatakan, dengan hasil torehan ini dapat menghasilkan informasi keuangan yang dapat dipertanggung jawabkan dengan proses dan kinerja lebih transparan dan akuntabel. 

"Dengan status WTP ini, dapat dinilai secara umum, pelaksanaan anggaran tahun 2020 sudah disajikan sesuai dengan prinsip akuntansi keuangan daerah yang berlaku di Kota Depok," papar Edi seperti dikutip dari situs resmi Pemkot Depok, Rabu (28/7/2021).

Baca juga: Viral Potongan Bansos Rp 50.000 di Kota Depok, Pengurus RW: Donasi untuk Ambulance dan Kain Kafan

Dalam Rapat Paripurna yang mengagendakan persetujuan DPRD terhadap Raperda serta pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Kota Depok 2020, Edi menyampaikan ada beberapa hal yang menjadi evaluasi terhadap laporan pertanggungjawaban yang telah disampaikan. 

Di antaranya laporan yang disampaikan masih perlu ada penyempurnaan dengan berfokus pada penelaahan terhadap kinerja, penyebab, kendala, besaran dampak untuk menentukan prioritas terhadap efektivitas, efisiensi, konsistensi pelaksanaan. 

Penyempurnan lainnya yaitu konsistensi hasil, peran anggaran dalam pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 

Serta implikasi atau makna tersirat dari laporan hasil pemeriksaan. 

"Perlu dikaji mata anggaran terutama belanja, baik langsung maupun tidak langsung. Dengan demikian, dapat ditemukan permasalahan, penyebab, dan pemecahannya," tuturnya.

Baca juga: Sarapan Pagi Gratis Bagi Pejuang Jalanan di Kota Depok Disambut Baik oleh Warga dan Pengemudi Ojol

Meski demikian, dalam pembacaan pandangan Banggar terhadap Raperda dan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Kota Depok 2020 tersebut, Edi mengaku jika seluruh anggota DPRD mengapresiasi Pemerintah Kota Depok atas pencapaian meraih predikat WTP yang diraih secara beruntun selama 10 kali itu.

Sementara itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengatakan, Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Depok Tahun Anggaran 2020 akan menjadi evaluasi pada tahun berikutnya.  

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, kata Idris, menyambut baik masukan yang diberikan dan ditindaklanjuti berdasarkan prioritas sesuai kemampuan anggaran daerah.

“Akan menjadi evaluasi kami agar bisa lebih baik pada tahun berikutnya. Semoga proses yang dijalankan di tengah pandemi Covid-19 ini dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi kemajuan kesejahteraan masyarakat di Kota Depok,”  ucapnya.
 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved