Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Pemkot Bekasi Masih Tunggu Wewenang Lanjutan Gubernur Jawa Barat Terkait Vaksinasi Anak Tingkat SMA

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak tingkat SMA sederajat di wilayahnya belum dapat dilaksanakan.

Penulis: Yolanda Putri Dewanti | Editor: Max Agung Pribadi
Warta Kota/Yolanda Putri Dewanti
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat ditemui di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Senin (19/7/21) mengingatkan agar Salat Idul Adha dilakukan di rumah dan tidak ada takbir keliling.   

WARTAKOTALIVE.COM, Bekasi - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyampaikan bahwa untuk sementara ini pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 bagi kategori anak, melalui tingkat SMA Sederajat di wilayahnya belum dapat dilaksanakan.

Sebab, pihaknya harus meminta pertimbangan kebijakan terlebih dahulu terhadap Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Untuk vaksinasi tingkat SMA di Kota Bekasi itu belum dapat kita lakukan, karna nantinya kita akan meminta pertimbangan terlebih dahulu terhadap Pak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sebab untuk tingkat SMA di Kota Bekasi merupakan kewenangan yang dipegang oleh Provinsi Jawa Barat," ucap Rahmat kepada wartawan di Stadion Patriot Chandrabaga, Selasa (27/07/21).

Baca juga: Lurah Rawa Bunga Gelar Vaksinasi Anak di RPTRA Citra Permata, Setiap Hari Kuotanya 300 Orang

Kata Pepen, dikarenakan harus menunggu dari adanya pertimbangan kebijakan tersebut, maka
pelaksanaan vaksinasi Covid-19 melalui kategori anak di Kota Bekasi, akan difokuskan di tingkat SMP Sederajat terlebih dahulu.

Untuk itu, tingkat SMP merupakan kewenangan yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Bekasi mengenai sasaran pelaksanaan vaksinasi.

"Kita prioritaskan untuk program vaksinasi ini di tingkat SMP dulu di dalam pelaksanaannya, dikarenakan ranah SMA bukan wewenang kita untuk melakukan kebijakan," ujarnya.

Baca juga: Komisioner KPAI Sebut Animo Vaksinasi Anak Tinggi, tak Ada Penolakan Berarti dari Orang Tua

Lanjutnya, sedangkan untuk perencanaan program vaksinasi Covid-19 melalui kategori anak melalui tingkat pelajar SMP sederajat akan dilaksanakan pada awal Agustus 2021 mendatang. Vaksin itu akan menggunakan vaksin berjenis Sinovac.

"Mudah-mudahan awal agustus atau Minggu pertama di bulan Agustus kita sudah bisa melakukan vaksinasi Covid-19 untuk anak," ucapnya.

Adapun program vaksinasi anak, pelaksanaannya akan lewat bantuan sekolah.

Baca juga: Meski Belum Penuhi Target, Tito Karnavian Apresiasi Warga Tangsel Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

Sebab, menurutnya lingkungan sekolah merupakan tempat yang strategis serta memiliki halaman yang luas.

"Terkait teknis pelaksanaan vaksinasi anak, kita akan melaksanakannya di sekolah. Karna sekolah punya halaman, punya ruangan dan memiliki tempat yang terbuka, dengan sistem pengaturannya akan diatur oleh pihak Puskemas setempat," ujarnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved