Breaking News:

Berita Tangerang

Berlangsung Tiap Bulan, Virtual Job Fair Kota Tangerang Serap 1.686 Pencari Kerja

Virtual Job Fair dilaksanakan rutin setiap bulannya melalui siaran langsung di channel Youtube Kota Tangerang.

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Feryanto Hadi
Warta Kota/Gilbert Sem Sandro
Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Rakhmansyah. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG- Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang hadirkan program Balai Latihan Kerja(BLK) dan Virtual Job Fair.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Rakhmansyah mengatakan, program tersebut dijalankan sebagai upaya mengurangi angka pengangguran dan untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat Kota Tangerang di tengah pandemi Covid-19. 

Selama pandemi Covid-19, jumlah masyarakat Kota Tangerang yang menganggur mengalami kenaikan. Sebelumnya sebanyak 7,1% atau setara 79.041 warga Kota Tangerang tidak memiliki pekerjaan. Kini meningkat, menjadi 8,63% atau setara 97.344 jiwa.

Baca juga: Pos Penyekatan PPKM di Jalan RS Fatmawati Jakarta Selatan Dilonggarkan

Baca juga: LOKASI Samsat Keliling Rabu 28 Juli 2021: Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi

"Hal ini tentunya menjadi perhatian kami dengan membentuk tim khusus untuk melangsungkan program tersebut,” ujar Rakhmansyah, Rabu(28/7/2021).

Lebih lanjut Rakhmansyah menjelaskan, Disnaker membuka tujuh kelas pelatihan mulai dari menjahit, desain grafis, komputer, montir sepeda motor, tata boga, perhotelan hingga teknik pendingin. 

Sedangkan untuk Virtual Job Fair dilaksanakan rutin setiap bulannya melalui siaran langsung di channel Youtube Kota Tangerang.

"BLK tetap kita laksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat seperti kita bagi menjadi dua bagian dalam satu kelas, cuman karena ini masih dalam PPKM kita liburkan dulu," jelas Rakhmansyah.

"Kemudian untuk Virtual Job Fair, kita lakukan pertama kali di pertengahan pandemi 2020 sampai saat ini. Alhamdulillah respon dari pencaker ataupun pelamar sangat baik," lanjutnya.

Baca juga: Akses Masuk Terminal Poris Plawad Tangerang Kini Diperketat, Penumpang Wajib Tunjukkan Dua Surat Ini

Hal tersebut ditandai dengan banyaknya perusahaan dan lowongan pekerjaan yang mengikuti pelaksanaan program Virtual Job Fair di dalam maupun luar Kota Tangerang.

Hingga Juni 2021, Disnaker mencatat sebanyak 197 perusahaan yang berdomisili baik di dalam maupun di luar Kota Tangerang mengikuti program tersebut.

"Kalo untuk lowongan setiap siaran live Job Fair bervariatif, ada yang 1000 sampai 4000. Kalo dikalkulasikan sudah ada 15.881 lowongan pekerjaan. Dan yang sudah terserap untuk warga Kota Tangerang sudah 1.686 orang," tandas Rakhmansyah.

Baca juga: Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang Buka Layanan Drive Thru, Urus KTP, KK, KIA, SKTM Cuma 10 Menit

Baca juga: Tenaga Kesehatan di Tangerang yang Terpapar Covid-19 Sedang Mengandung

Rakhmansyah mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang, baik yang terdampak pandemi maupun yang baru saja lulus dari pendidikan sekolah, untuk mengikuti Virtual Job Fair yang dilaksanakan pemerintah setiap bulan.

"Pelaksanaannya sangat mudah sekali, cukup di rumah saja, download aplikasi Tangerang LIVE masyarakat bisa melakukan proses pelamaran," tutup Rakhmansyah.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved