Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Wali Kota Pastikan Vaksin Kategori Anak di Bekasi Menggunakan Sinovac

Sedangkan vaksinasi untuk pelajar tingkat SMA, pihaknya masih akan berkoordinasi dulu dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Warta Kota/Yolanda Putri Dewanti
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi meralat mengenai pernyataan pihaknya mengenai vaksin AstraZeneca yang akan dipergunakan untuk vaksin anak kategori usia 12 sampai 17 tahun. Alhasil, kini vaksin itu diganti menggunakan vaksin Sinovac.

"Kementerian Kesehatan tidak merekomendasikan vaksin anak menggunakan vaksin AstraZeneca, sehingga kita akan pakai vaksin berjenis Sinovac," ucap Rahmat kepada wartawan di Stadion Patriot Chandrabaga, Selasa (27/07/21).

Kata Pepen, saat ini Pemkot Bekasi baru saja mendapatkan jatah untuk alokasi Vaksin AstraZeneca sebanyak 20.000 ribu dosis yang baru dikirimkan dari Biofarma, Bandung. Nantinya vaksin itu akan dipergunakan untuk pegawai perusahaan dan badan institusi.

Baca juga: Pelanggaran PPKM Darurat Masih Tinggi, Satpol PP Kota Bekasi Kumpulkan Denda hingga Rp 55 Juta

Baca juga: Jumlah Anggotanya Terbatas, Satpol PP Kota Bekasi Minta Karyawan Warteg Awasi Pengunjung

"Nah itu (vaksin AZ) mau kita pakai buat pegawai perusahaan dan badan institusi dari yang memohon itu ada sekitar 29.871 sasaran berarti kan masih kurang 9.871 karena baru dapat 20.000 ribu," ujarnya.

Adapun untuk vaksinasi anak, sasarannya berjumlah 134.000 jiwa.

Angka itu dihitung dari jumlah pelajar tingkat SMP sederajat di Kota Bekasi yang menjadi sasaran vaksin.

"Ada sekitar 134.000 lebih itu anak yang tercatat di sekolah belum anak yang tidak tercatat, kan artinya lebih dari itu," jelas dia.

Lanjutnya, sedangkan vaksinasi untuk pelajar tingkat SMA, pihaknya masih akan berkoordinasi dulu dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Tak Direkomendasikan Kementerian Kesehatan, Vaksinasi Anak Kota Bekasi Tak Jadi Pakai Astrazeneca

Baca juga: Aturan Baru Makan di Warteg 20 Menit, Wali Kota Bekasi: Sebenarnya 10 Menit Selesai

Ia juga menjelaskan sejauh ini alokasi vaksin Sinovac memang belum dikirim pemerintah pusat untuk Kota Bekasi.

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak dilakukan secara bertahap menggunakan stok vaksin Sinovac yang ada di Kota Bekasi.

"Bisa jalan (vaksinasi anak) dengan stok yang ada kita bertahap, ya kan enggak mungkin dibikin sekaligus," ucapnya.(m27)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved