Breaking News:

Berita Nasional

Kominfo Siap Distribusikan STB Gratis Sebelum Pelaksanaan Analog Switch Off Agustus 2021

Kominfo berjanji masyarakat kurang mampu di daerah wilayah ASO Tahap Pertama akan mendapatkan perangkat STB sehingga bisa menyaksikan siaran digital.

Editor: Hertanto Soebijoto
Dokumentasi ANTV
Suasana ruang kontrol siaran ANTV. Pemerintah memutuskan kurang dari 2 tahun sejak sekarang, atau pada 2 November 2022, sistem penyiaran televisi analog akan berakhir. ANTV sebagai salah satu televisi nasional yang juga penyelenggara multipleksing telah melaksanakan penyiaran secara simulcast di 9 kota di Indonesia. Simulcast adalah melakukan siaran analog dan digital secara bersamaan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan akan membagikan set top box gratis bagi masyarakat kurang mampu sebelum pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) pada 17 Agustus 2021.

Melalui program subsidi ini, Kominfo berjanji masyarakat kurang mampu di daerah wilayah ASO Tahap Pertama akan mendapatkan perangkat STB itu sehingga bisa menyaksikan siaran digital.

"Set top box akan disalurkan secara gratis kepada rumah tangga kurang mampu yang masih menggunakan TV analog," kata Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi kepada Tribunnews.com, Selasa (27/7/2021).

Adapun pengadaan distribusi STB gratis itu berasal dari dua sumber.

Pertama, perangkat itu akan disalurkan lewat pemerintah daerah yang masuk dalam wilayah ASO Tahap Pertama.

Kedua, distribusi dilakukan perusahaan penyelenggara pemenang multipleksing dari grup beberapa grup media yakni, Media Nusantara Citra (MNC), Surya Citra Media atau SCTV, dan Transmedia Corpora.

Baca juga: Kominfo Matikan Siaran TV Analog untuk Dimigrasikan ke Digital pada 17 Agustus 2021

Baca juga: Johnny G Plate Ingin Memajukan Industri Penyiaran Jelang Berakhirnya Teknologi Analog pada 2022

Adapun jadwal distribusi tersebut, Dedy mengatakan, akan diumumkan lebih lanjut karena masih menunggu keputusan menteri.

"Jadwal distribusi stb akan diumumkan lebih lanjut. Nanti disampaikan setelah terbit Keputusan Menteri yang saat ini masih dalam tahap finalisasi," katanya.

Keputusan Menteri Kominfo itu akan memuat aturan mengenai skema distribusi, target penerima, dan rincian jadwal di tiap tahap ASO.

Kominfo sendiri pada awalnya berencana akan mendistribusikan 6,7 juta perangkat set top box bagi warga miskin.

Baca juga: ANTV Melakukan Siaran Analog dan Digital Secara Bersamaan di 9 Kota di Indonesia, Kota Lain Menyusul

Jumlah ini berdasarkan pada data keluarga kurang mampu yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS).

Kominfo merinci bahwa harga perangkat stb berkisar di ngka Rp 100.000, sehingga menyiapkan anggaran Rp 670 miliar.

Kominfo akan mematikan siaran TV analog untuk migrasi ke TV digital.

Pada tahap pertama, ASO akan dilakukan di 15 kabupaten/kota pada 17 Agustus 2021 mendatang dan dilanjutkan ke tahap selanjutnya hingga 22 November 2022.  (Fandi Permana)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved