Breaking News:

Kapolres Metro Depok Imbau Masyarakat Hati-Hati dengan Surat Swab Antigen Palsu, Ini Bedanya

Kapolres Metro Depok Kombes Pol. Imran Edwin Siregar mengimbau masyarakat agar berhati-hati dengan adanya surat swab antigen palsu.

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Max Agung Pribadi
Wartakotalive/Vini Rizki Amelia
Enam tersangka, dua diantaranya wanita yang ditangkap Polres Metro Depok atas kasua pembuat surat hasil swab antigen palsu saat dirilis di Mapolrestro Depok, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (27/7/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Kapolres Metro Depok Kombes Pol. Imran Edwin Siregar mengimbau masyarakat agar berhati-hati dengan adanya surat swab antigen palsu.

Pasalnya, Unit Reskrim Polres Metro Depok berhasil menangkap enam tersangka atas kasua surat antigen palsu yang digunakan untuk kelancaran pengguna dalam bekerja menggunakan surat antigen palsu tanpa didahului pemeriksaan atau pengetesan antigen lebih dulu.

Dengan adanya kasus ini, Imran mengatakan sangat membahayakan masyarakat sekitar yang bisa saja menjadi korban lantaran adanya kondisi kesehatan seseorang yang dipalsukan demi keuntungan pribadi.

Baca juga: Ini Alasan Tersangka Pembuat Surat Swab Antigen Palsu yang Dibekuk Polres Metro Depok

"Saya pesan kepada masyarakat, tolong dicek hasil swab antigen itu harus ada barcodenya ya. Jadi, hasil seperti ini dimanfaatkan kelompok tertentu untuk mendapatkan keuntungan," papar Imran kepada wartawan di Mapolrestro Depok, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (27/7/2021).

Imran meminta masyarakat dapat mengetahui secara pasti surat hasil antigen benar-benar asli sehingga pengecekan yang dilakukan terhadap kesehatan seseorang itu valid.

"Perbedaan yang palsu dengan yang asli itu, pertama, kalau yang asli ada barcode. Selain itu, harus konfirmasi benar atau tidak melakukan tes di klinik tersebut," tandasnya.

Baca juga: JADWAL SIM Keliling Selasa 27 JuLi 2021: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangsel dan Bekasi

Sebelumnya, Unit Reskrim Polres Metro Depok mengamankan enam orang tersangka kasus surat swab antigen palsu yang berhasil diamankan di daerah Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Keenam tersangka yakni AS (27) selaku pembuat surat antigen palsu, NN (30) dan A (25) selaku perantara yang mencarikan pesanan, ME (33) dan AK (27) selaku pemesan atau pengguna, serta RR  (30) yang merupakan istri dari ME yang meminta dibuatkan surat palsu antigen oleh tersanga AS.

Kapolres Metro Depok Kombes Pol. Imran Edwin Siregar mengatakan, modus si pengguna membutuhkan swab antigen namun harus dinyatakan negatif.

Baca juga: Tak Bisa Perlihatkan Surat Hasil Swab Antigen, 43 Pengendara Dilarang Masuk Wilayah Kabupaten Bogor

"Itu syarat perusahaannya dan dengan berbagai cara dia paksakan membuat surat ini kepada tersangka. Dibuatlan surat itu tapi berdasarkan dari salah satu klinik," papar Imran kepada wartawan di Mapolrestro Depok, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (27/7/2021).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved