Breaking News:

Berita Depok

Ini Alasan Tersangka Pembuat Surat Swab Antigen Palsu yang Dibekuk Polres Metro Depok

Keenam tersangka yakni AS (27) selaku pembuat surat antigen palsu, NN (30) dan A (25) selaku perantara yang mencarikan pesanan

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Dian Anditya Mutiara
Wartakotalive/Vini Rizki Amelia
Enam tersangka, dua diantaranya wanita yang ditangkap Polres Metro Depok atas kasua pembuat surat hasil swab antigen palsu saat dirilis di Mapolrestro Depok, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (27/7/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Polres Metro Depok mengamankan enam orang tersangka kasus surat palsu swab antigen Covid-19, dua diantaranya adalah wanita yang merupakan istri dari perantara dan pengorder surat swab antigen palsu.

Keenam tersangka yakni AS (27) selaku pembuat surat antigen palsu, NN (30) dan A (25) selaku perantara yang mencarikan pesanan, ME (33) dan AK (27) selaku pemesan atau pelanggan, serta RR  (30) yang merupakan istri dari ME yang memunta dibuatkan surat palsu antigen oleh tersanga AS.

AS (27) mengaku baru melancarkan aksinya dalam membuat surat swab antigen palsu itu pada 18 Juli 2021.

Awalnya, pembuatan surat hasil swab antigen palsu didapatkannya hasil menyontek dari internet.

"Baru pertama melakukan itu juga karena ada teman yang minta tolong dibuatkan surat (antigen) palsu. Terus saya cari-cari di internet dan dapat, akhirnya berlanjut," papar AS kepada wartawan di Markas Polres Metro Depok, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (27/7/2021).

Baca juga: Tak Bisa Perlihatkan Surat Hasil Swab Antigen, 43 Pengendara Dilarang Masuk Wilayah Kabupaten Bogor

Baca juga: Pengakuan Penumpang Pesawat City Link Menggunakan Surat Swab PCR Palsu, Tunggu 30 Menit Jadi

Untuk satu pembuatan surat antigen palsu, tersangka yang menjadi perantara atau yang mencarikan pemesan mematok harga Rp 175.000.

Enam tersangka, dua diantaranya wanita yang ditangkap Polres Metro Depok atas kasua pembuat surat hasil swab antigen palsu saat dirilis di Mapolrestro Depok, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (27/7/2021).
Enam tersangka, dua diantaranya wanita yang ditangkap Polres Metro Depok atas kasua pembuat surat hasil swab antigen palsu saat dirilis di Mapolrestro Depok, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (27/7/2021). (Wartakotalive/Vini Rizki Amelia)

Harga tersebut dibagi kepada masing-maaing tersangka, di mana untuk AS diberikan sebesar Rp 50.000 hasil kejahatannya itu untuk satu kali pembuatan surat antigen palsu.

Hingga akhirnya ditangkap Polres Metro Depok, tersangka AS mengaku telah mengeluarkan surat antigen palsu kurang dari 30 lembar.

"Untungnya cuma sedikit, buat beli rokok sama kopi aja habis," akunya.

Baca juga: Polres Jakarta Timur Tangkap Pembuat dan Pembeli Surat Swab PCR Palsu di Bandara Halim Perdanakusuma

Perbuatan nekat itu dikatakan AS lantaran terhimpit pandemi Covid-19 dalam memenuhi kebutuhannya sebagai ayah dari tiga orang anak ini.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved