Covid19

Tergerak Hati Bantu Sesama, Dalam Dua Pekan John Leihitu Sudah Dua Kali Donorkan Plasma Konvalesen

“Sehingga saya ingin memberikan plasma konvalesen kepada sesama penyintas Covid,” kata John yang menggunakan masker berwarna biru itu.

Penulis: Ramadhan L Q | Editor: Dedy
Wartakotalive.com
Seorang penyintas Covid-19, John Leihitu, sedang mendonorkan plasma konvalesen di Unit Transfusi Darah Pusat Palang Merah Indonesia di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (26/7/2021). John, pendonor plasma konvalesen. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAGAKARSA --- Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasminto sempat meminta penyintas Covid-19 bersedia mendonorkan plasma konvalesen.

Pernyataan tersebut diungkapkan Wiku pada Januari 2021, guna meningkatkan angka kesembuhan pasien coronavirus disease atau virus corona.

Hal ini membuat John Leihitu (47), satu di antara penyintas Covid-19, tergerak hatinya untuk mendonorkan plasma konvalesen demi berbagi kesembuhan terhadap sesama.

John menceritakan bahwa dirinya terpapar virus corona sejak awal Juni 2021 hingga keluarganya ikut terkena.

Ia menjalani isolasi mandiri di rumah selama dua minggu karena kesulitan mencari rumah sakit, kemudian hasil PCR John menunjukkan negatif.

“Lalu ada kenalan yang butuh plasma konvalesen, nah saya bersedia untuk donor,” ujarnya kepada Wartakotalive.com, Senin (26/7/2021).

Sebelumnya, pria yang tinggal di Pamulang, Tangerang Selatan, tersebut sudah mengikuti berita mengenai donor plasma konvalesen.

Terlebih, John merupakan pendonor darah aktif, tetapi saat ini yang dibutuhkan pasien Covid-19 adalah plasma konvalesen.

“Sehingga saya ingin memberikan plasma konvalesen kepada sesama penyintas Covid,” kata John yang menggunakan masker berwarna biru itu.

Ia mengaku bukan kali pertama ini saja mendonorkan plasma konvalesen kepada sesama penyintas Covid-19.

“Dua minggu yang lalu, saya sudah memberikan donor plasma konvalesen yang pertama dan dalam tempo dua minggu kemudian bisa mendonorkan lagi,” ucap John.

“Tentunya atas syarat-syarat yang sudah ditentukan, artinya antibodinya harus tetap bagus di atas 180, itu bisa mendonorkan plasma,” lanjutnya.

John mengatakan dirinya mengetahui adanya donor plasma konvalesen di Unit Transfusi Darah Pusat Palang Merah Indonesia di Jagakarsa, Jakarta Selatan, dari keluarga penerima.

“Jadi saya dihubungi sama keluarga yang membutuhkan, mereka yang mengarahkan saya untuk ke PMI Lenteng Agung, Jagakarsa, Jaksel ini,” ujar John.

“PMI Lenteng Agung memprioritaskan donor plasma konvalesen. Jadi donor darah biasa juga dilayani, tapi mereka concern plasma konvalesen,” lanjutnya. 

Baca juga: Pjs Bupati Bekasi Minta Tiap Dinas Jadi Penanggungjawab Bantu Para Camat Tekan Kasus Covid

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved