Breaking News:

Berita nasional

Kasus Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung: Mandor Divonis Bebas, 5 Tukang Masuk Penjara

Dari enam terdakwa, satu terdakwa atas nama Uti Abdul Munir yang berprofesi sebagai mandor divonis bebas oleh majelis hakim

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Gedung Kejaksaan Agung di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, tampak ludes usai dilalap si jago merah, Minggu (23/8/2020). Hampir keseluruhan bangunan Kantor Kejagung hangus akibat kebakaran yang terjadi pada Sabtu (22/8/2020) malam hingga Minggu pagi. 

Wartakotalive.com, Jakarta - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menggelar sidang putusan kasus kebakaran Gedung Kejaksaan Agung, Senin (26/7/2021).

Dari enam terdakwa, satu terdakwa atas nama Uti Abdul Munir yang berprofesi sebagai mandor divonis bebas oleh majelis hakim.

Vonis bebas tersebut dibacakan Hakim Ketua Elfian.

"Terdakwa dibebaskan dari dakwaan penuntut umum," kata hakim Elfian dalam persidangan, Senin (26/7/2021).

Kemudian, untuk lima terdakwa lainnya di antaranya Imam Sudrajat, Sahrul Karim, Karta, Tarno, dan Halim, majelis hakim memvonis mereka 1 tahun penjara.

"Menyatakan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana tentang turut serta menyebabkan kebakaran yang menyebabkan bahaya umum bagi barang dan nyawa orang lain," ujar Elfian.

"Menjatuhkan hukuman kepada para terdakwa dengan pidana penjara maksimal selama 1 tahun," lanjut hakim.

Hakim menilai kelimanya terbukti melanggar Pasal 188 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 dan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1981.

Hakim Elfian juga membacakan hal-hal yang memberatkan dan meringankan.

Elfian mengatakan untuk yang memberatkan adalah perbuatan para terdakwa dianggap menimbulkan kerugian bagi negara dan masyarakat Indonesia.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved