Virus Corona Jakarta

Ketua Umum Kadin Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Rumah Oksigen Gotong Royong

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Rumah Oksigen Gotong Royong di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu (24/7/2021).

Editor: Valentino Verry
Tribunnews.com
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid dan CEO GoTo Andre Soelistyo meninjau Rumah Oksigen Gotong Royong di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu (24/7/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Rumah Oksigen Gotong Royong di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu (24/7/2021).

Turut didampingi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid dan CEO GoTo Andre Soelistyo.

Jokowi memastikan kesiapan fasilitas kesehatan yang diinisiasi oleh Kadin Indonesia, GoTo, PT Aneka Gas Industri (Samator Grup), yang juga didukung oleh PT Master Steel, Tripatra Engineering, serta Halodoc tersebut.

Baca juga: VIDEO : Rumah Oksigen Akan Bantu Kurangi Kepadatan Keterisian Rumah Sakit Covid-19

Menurut Jokowi, dioperasionalkan sebagai fasilitas isolasi dan perawatan bagi pasien Covid-19, Rumah Oksigen Gotong Royong akan membantu mengurangi tekanan pada rumah sakit, terutama di beberapa provinsi yang memiliki tingkat keterisian tempat tidur cukup tinggi.

Pemerintah pun berharap inisiatif serupa bisa dilakukan di daerah lain.

"Saya sangat menghargai dan kita berharap ini tidak dibangun, dikerjakan di Jakarta saja, tetapi bisa dicopy di tempat-tempat lain, di provinsi-provinsi lain. Kita harapkan nanti ini segera bisa dioperasikan dan bisa dimanfaatkan oleh rakyat," kata Jokowi, Minggu (25/7/2021).

Sementara itu, Arsjad Rasjid mengapresiasi dukungan Jokowi terhadap pembangunan Rumah Oksigen Gotong Royong.

Baca juga: Permintaan Tinggi, Posko Oksigen di Bogor Sibuk Layani Permintaan Isi Ulang dari 29 Rumah Sakit

Dibangun dengan semangat gotong royong oleh kalangan dunia usaha, Arsjad menyatakan inisiatif serupa akan diwujudkan di kota lain.

Upaya tersebut terutama untuk membantu wilayah yang membutuhkan tambahan fasilitas kesehatan untuk penanganan Covid-19.

"Ini adalah yang pertama, namun harapannya akan ada rumah oksigen lainnya. Selain di sini, nanti di Jawa Timur, di Jawa Tengah, dan lain-lain," kata Arsjad.

Ikut turun gelanggang menghadang laju pandemi, Arsjad menyatakan, para pengusaha siap gugur gunung, bergotong-royong bersama pemerintah  dan kelompok masyarakat lainnya.

Baca juga: Wali Kota Bekasi Upayakan Pegadaan Generator Oksigen Bagi Rumah Sakit Tipe D

"Para pengusaha siap berjuang, bekerja sama, bergotong royong untuk memenangkan perang melawan pandemi," tutur dia.

Untuk diketahui, Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan fasilitas kesehatan semi-permanen yang  dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan bagi pasien Covid-19 dengan gejala sedang.

CEO GoTo Andre Soelistyo menambahkan, fasilitas tersebut didirikan berdekatan dengan pabrik oksigen milik PT Aneka Gas Industri.

Fasilitas yang  direncanakan akan resmi beroperasi dalam waktu dekat itu, memiliki 500 tempat tidur perawatan.

Baca juga: Besok PPKM Level 4 Dilonggarkan atau Diperpanjang Kembali? Begini Penjelasan Lengkap Presiden Jokowi

"Di fasilitas Pulogadung akan ada 500 bed, masing-masing bed akan punya akses ke oksigen yang disuplai langsung dari pabrik gas yaitu Samator. Kenapa kita memilih site ini arena aksesnya langsung lewat pipa, dari pabrik oksigen langsung ke bed tersebut, jadi dengan begitu akses suplai oksigen pun menjadi lebih tersedia," pungkasnya. (Yanuar Riezqi Yovanda)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved