Breaking News:

Daging Kurban Olahan Abon IZI Siap Disalurkan ke Seluruh Indonesia

Salah satu alasan mengolah daging kurban dalam bentuk abon karena untuk menghindari kerumunan dan menimbulkan rasa aman di suasana pandemi

Penulis: M Nur Ichsan Arief | Editor: Alex Suban
dok izi
Dalam momen Idul Adha 1442 H, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) sampai hari Kamis (22/07/2021) mempersiapkan 15.000 bungkus “Abon Kita Qurban IZI” yaitu daging kurban olahan dalam bentuk abon. 

 WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Dalam momen Idul Adha 1442 H, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) sampai hari Kamis (22/07/2021) mempersiapkan 15.000 bungkus “Abon Kita Qurban IZI” yaitu daging qurban olahan dalam bentuk abon.

Kemudian abon ini disalurkan ke seluruh wilayah Indonesia diantaranya wilayah 3T yaitu terdepan, terluar, tertinggal, wilayah terdampak bencana, dan wilayah yang masyarakatnya mengalami ekonomi kurang sejahtera di 16 provinsi kantor cabang IZI. 

Baca juga: Human Initiative Sebar Ribuan Hewan Kurban ke Berbagai Pelosok Nusantara hingga ke Negara Konflik

Baca juga: Polresta Tangerang Tangkap Pria yang Gelapkan Hasil Penjualan Sapi Kurban Hingga Ratusan Juta Rupiah

Penyaluran ini dilaksanakan secara simbolis oleh Deddy Fenalosa selaku Direktur Edukasi dan Kemitraan Zakat IZI dan Helmy Bachtiar selaku Kepala Cabang IZI Jawa Timur di dua titik lokasi yaitu di Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. 

Deddy menyampaikan bahwa di tahun 2021 ini kurang lebih ada sekitar 2300 pengqurban yang mengamanahkan kurbannya, “Dua hari pertama kami sudah melakukan eksekusi sekitar 50 ekor hewan qurban yang kemudian langsung kami kelola di UMKM binaan kami untuk dagingnya dibuat menjadi abon”, kata Deddy.

Salah satu alasan mengolah daging kurban dalam bentuk abon karena suasana pandemi untuk menghindari kerumunan dan menimbulkan rasa aman, agar aman bagi pengqurban, aman bagi panitia, aman bagi penerima manfaat, aman secara produk, dan insya Allah aman dari sisi syariah.

Baca juga: Sosok Ustadz Darofik: Pekerjaan Sampingan Jadi Tukang Jagal Hewan Kurban Cukup Menjanjikan

Baca juga: Idul Adha, LDII DKI Tebar Ribuan Sapi dan Kambing Kurban untuk Warga Terdampak PPKM

Kegiatan dilanjutkan dengan penyaluran abon IZI oleh Deddy Fenalosa di jalan Hertasning kota Makassar kepada 47 Kepala Keluarga yang sebagian besar berprofesi sebagai pemulung dan becak motor.

Sementara untuk di Lumajang, Jawa Timur abon IZI disalurkan kepada Pondok Pesantren Khomsani Nur oleh Helmy Bachtiar. 

Kiai Ayub selaku pengurus Pondok Pesantren Khomsani Nur mengucapkan terima kasih atas sumbangsihnya berupa paket abon ini, “Kami lihat selain praktis dan tahan lama juga bergizi.

“Kami doakan seluruh mudhohi (orang yang berqurban) melalui IZI, semoga amal ibadahnya dapat  diterima Allah SWT dan juga mendapat ridho dan berkah sehingga kedepannya kegiatan ini bisa istiqomah”, pungkas Kiai Ayub.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved