Breaking News:

Peluang Usaha

Berawal dari Memberdayakan Lingkungan, Mulyadi Bisa Budidaya Ikan yang Omzetnya Menguntungkan

Mulyadi (51), warga Puri Pamulang, Tangerang Selatan menekuni budidaya ikan air tawar dengan memberdayaan lingkungan sungai di sekitar tempat tinggal.

Penulis: Ikhwana Mutuah Mico | Editor: Hertanto Soebijoto
Wartakotalive.com/Ikhwana Mutuah Mico
Mulyadi, pembudidaya ikan air tawar di Sungai Puri Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (22/7/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, PAMULANG -- Banyak keuntungan yang bisa didapatkan saat bisa memberdayakan lingkungan, misalnya budidaya ikan air tawar.

Hal itu diungkapkan Mulyadi (51), warga Puri Pamulang, Tangerang Selatan, saat ditemui Wartakotalive.com, Jumat (22/7/2021).

Mulyadi mengungkapkan, jenis ikan yang dipelihara di Puri Pamulang ini bukan jenis ikan yang mengikuti arus, tapi ikan yang melawan arus, jika banjir mereka kebawah,

"Kenapa jenis ikan ini yang saya pakai, karena saat hujannya sangat deras itu ada kemungkinan air naik, walaupun satu atau dua jam baru surut," ungkapnya di Puri Pamulang, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (23/7/2021).

Mulyadi menjelaskan, jenis ikannya yang ada saat ini yaitu ikan mas, ikan koi, ikan draskap, ikan mujair dan ikan nila paling banyak di sungai ini.

Baca juga: Kota Bogor Dapat Bantuan 1 Ton Ikan Beku dan 4.000 Ikan Olahan dari KKP, Buat Warga yang Isoman

Baca juga: Perbanyak Makan Sayur dan Ikan Diyakini Dapat Mencegah Kejadian Pre-eklamsia

Alasnnya memilih jenis ikan tersebut, dikarenakan ikan ini dikonsumsi masyarakat.

"Tujuannya kita bicara ketahanan pangan, khususnya pemberdayaan ikan, kalau harga ikan itu mahal nggak mungkin, oleh karena itu kita pelihara ikan-ikan ini nanti kita jual ke warga dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran," ujarnya.

Mulyadi menambahkan, kenapa dia bisa memberi harga lebih murah, karena dirinya mendapatkan subsidi pakan dari masyarakat yang berkunjung.

Saat merawat ikan, beban biaya untuk membesarkan ikan yaitu ada di pakan, sehingga pemeliharaan ikan di sini diberikan subsidi oleh masyarakat, khususnya warga Puri Pamulang.

Baca juga: PERTAMINA Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Lele Balenagara di Tasikmalaya Jawa Barat

Hal itu membuat warga perumahan ini bisa mendapatkan harga ikan di bawah harga pasar.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved