Breaking News:

PPKM Darurat

Mendagri Tito Karnavian Minta Wali Kota Depok Terjun Langsung Berikan Bansos ke Masyarakat

Mendagri Tito Karnavian mengatakan, Pemda memiliki anggaran khusus untuk bansos maupun dari anggaran reguler yang dapat digunakan pemberian bansos.

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Hertanto Soebijoto
Warta Kota/Vini Rizki Amalia
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kemeja putih) saat memberikan keterangan pers seusai diskusi dengan Pemkot Depok terkait penanganan Covid-19 di Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Kota Depok, Jumat (23/7/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK -- Dalam kunjungannya memonitoring penanganan pandemi Covid-19 di Kota Depok, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian turut membahas mengenai penyaluran pemberian bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat.

Mantan Kapolri ini mengatakan, dari pemerintah pusat (pempus) di antaranya Kementerian Sosial, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) serta BUMN turut menggelontorkan anggaran bagi warga terdampak.

Namun Tito menyadari bahwa sedianya Pemerintah Daerah (Pemda) memiliki anggaran khusus untuk bansos maupun dari anggaran regular yang dapat digunakan dalam pemberian bansos.

Video: Pemkot Tangerang Mulai Salurkan Bansos untuk Warga di Masa PPKM

Untuk itu, Tito mengatakan, kepala daerah dapat turut mendukung pemberian bansos guna berbagi beban dengan Pempus menggunakan anggaran daerah.

"Saya minta ke teman-teman di daerah, kita berbagi beban, tidak hanya (menggunakan anggaran dari) Pemerintah Pusat tapi juga pakai anggaran yang ada di daerah untuk diberikan bansos segera dan belanjakan kemudian diberikan kepada masyarakat yang betul-betul memerlukan," kata Tito kepada wartawan di Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (23/7/2021).

Tak hanya sekAdar menggelontorkan anggaran, Tito juga meminta para kepala daerah untuk terjun langsung memberikan bansos tersebut kepada masyarakat.

Baca juga: Salurkan Bansos, Panglima TNI & Kapolri Turut Sosialisasikan Vaksin Keliling Kepada Masyarakat

Baca juga: Pengamat Kasih Saran agar Penyaluran Bansos PPKM Lebih Tepat dan Cepat 

Hal ini dikatakan Tito guna memberikan semangat dan dukungan moral kepada mereka yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

"Karena daya pengaruhnya ke masyarakat itu lebih terasa dibanding (yang memberikan) Dinas Sosial atau staf yang turun ke lapangan," kata mantan Kapolri itu.

"Jadi, kami minta berikan contoh dengan memberikan bantuan sosial turun ke masyarakat dalam bentuk tunai maupun nontunai," tandasnya.

Kesulitan yang dialami Indonesia yang sudah hampir satu tahun lebih terkungkung pandemi Covid-19, Tito menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa pemerintah, baik pusat maupun daerah, selalu bergerak untuk membantu masyarakat.

Baca juga: Akselerasi Penyaluran Bansos, Mensos Risma Dorong Himbara Terapkan Kartu Elektronik

"Nanti juga saya akan turun ke daerah-daerah lain yang saya anggap ada anggaran bansos tapi realisasinya rendah atau tidak terealisasikan dengan baik ke masyarakat," paparnya.

Selain ke daerah penyangga Ibu Kota di Provinsi Jawa Barat, Tito mengaku dirinya juga akan turut menyambangi daerah Tangerang Kota, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang untuk memantau langsung penanganan Covid-19.

"Kita bersama-sama akan turun utamanya ke wilayah penyanggah Ibu Kota," kata Tito.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved