Wali Kota Bekasi Upayakan Pegadaan Generator Oksigen Bagi Rumah Sakit Tipe D

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi tengah berupaya menyediakan generator oksigen untuk menopang kebutuhan oksigen rumah sakit tipe D di Kota Bekasi.

Warta Kota/Yolanda Putri Dewanti
RSUD Tipe D Bekasi. Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi tengah berupaya menyediakan generator oksigen untuk menopang kebutuhan oksigen rumah sakit tipe D di Kota Bekasi 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi tengah berupaya menyediakan generator oksigen untuk menopang kebutuhan oksigen rumah sakit tipe D di Kota Bekasi.

"Ya, kita mau mengadakan generator oksigen, yang bisa kita pergunakan untuk rumah sakit tipe D kita," ujarnya kepada wartawan, Kamis (22/7/2021).

Sementara itu, adapun rumah sakit tipe D di Kota Bekasi  meliputi RSUD tipe D Bantargebang, RSUD tipe D Jatisampurna, RSUD tipe D Pondok Gede, dan RSUD tipe D Bekasi Utara.

Baca juga: Satgas Covid-19 Kota Bogor Bagikan 100 Oksigen Konsentrator Bantuan Menko Luhut ke Rumah Sakit

Lanjutnya, untuk saat ini, kebutuhan tabung oksigen di setiap rumah sakit tipe D Kota Bekasi sebanyak 70 tabung.

Untuk itu, PT Samator Gas Industri yang merupakan produsen gas salah satunya oksigen, hanya mampu memasok 20 tabung. Dari hal itu, maka masih kekurangan 50 tabung lagi. Bila ditotal dengan empat rumah sakit tipe D, maka terjadi kekurangan 200 tabung oksigen.

"Saat ini kebutuhannya 70 tabung, tapi supply dari PT Samator-nya cuma 20, artinya kan ada kekurangan 50 per rumah sakit, kalau ada empat rumah sakit tipe D, maka hampir 200 tabung pernah hari itu tak bisa dipenuhi," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Bekasi Klaim Ketersediaan Stok Oksigen di Bekasi Mulai Terjamin

Untuk penurunan kasus Covid-19 di Kota Bekasi lamban. Berbeda dengan yang terjadi pada tahun 2020 lalu. Hal itu berdampak pada permintaan oksigen dari rumah sakit yang terus muncul.

"Sedangkan angkanya sekarang penurunanya lambat, tidak seperti tahun 2020, penurunannya terjun bebas, sekarang melambat," ucapnya.

Dilansir dari  situs corona.bekasikota.go.id, total kasus Covid-19 secara akumulatif sejak Maret 2020 sampai dengan Kamis (22/07/21) ada 72.872 kasus.

Baca juga: Singapura akan Bantu Indonesia 500 Ton Oksigen hingga Agustus 2021

Sebanyak 65.774 kasus dinyatakan sembuh, sedangkan dalam isolasi (perawatan) yakni 6.145 orang dan angka kematian sebanyak 953 orang. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved