Breaking News:

Virus Corona

Testing dan Tracing Alami Kenaikan, Kemenkes Minta Pemda Libatkan Mahasiswa hingga Tokoh Masyarakat

Testing dan Tracing Alami Kenaikan Selama PPKM, Kemenkes Ingatkan Pemerintah Daerah Libatkan Masyarakat Guna memutus Mata Rantai Penularan Covid-19.

Penulis: Muhamad Fajar Riyandanu | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Juru Bicara (Jubir) Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi dalam jumpa pers yang ditayangkan lewat akun Youtube Sekretariat Presiden pada Rabu (21/7/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Juru Bicara (Jubir) Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, testing dan tracing covid-19 selama PPKM Darurat secara umum mengalami peningkatan. 

Dirinya menyebutkan hanya terdapat lima kabupaten atau Kotamadya dari seluruh wilayah Indonesia yang mengalami penurunan.

Antara lain, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Kota Surakarta, dan Kota Yogyakarta serta Kabupaten Sumenep.

“Terkait capaian testing dalam tiga hari terakhir, hanya lima kabupaten/ kota yang mencapai target di atas 90 persen,” jelas Siti Nadia Tarmizi dalam jumpa pers yang ditayangkan lewat akun Youtube Sekretariat Presiden pada Rabu (21/7/2021).

Baca juga: Cegah Tawuran Susulan, Polres Metro Jakarta Selatan Siagakan Puluhan Aparat di Kawasan Pasar Manggis

Lebih lanjut, Siti Nadia Tarmizi mengatakan peningkatan kasus covid-19 masih terjadi di sejumlah provinsi.

Oleh karena itu, guna memaksimalkan temuan kasus serta menurunkan tingkat kematian (positivity rate), testing terhadap suspek dan kontak erat pasien covid-19 perlu terus ditingkatkan.

Tujuannya agar dapat menurunkan laju penularan covid-19.

“Untuk angka positivity rate masih di atas lima persen. Ini menunjukkan adanya penularan yang luas di masyarakat dan perlu penambahan testing untuk segera mengidentifikasi kasus yang sakit dengan populasi yang sehat," ungkap Siti Nadia Tarmizi.

"Dengan itu kita bisa memutuskan rantai penularan," tambahnya.

Baca juga: Akali PPKM Darurat, Pengunjung Restoran Manfaatkan Layanan Drive Thru untuk Kongko di Dalam Mobil

Siti Nadia Tarmizi pun mengatakan, Kabupaten Demak dan Kabupaten Deli Serdang menjadi wilayah yang memiliki hasil tracing cukup baik.

Antara lain, rasio kontak erat sebesar 7,86 rasio untuk Kabupaten Demak, dan rasio kontak erat Kabupaten Deli Serdang sebesar 6,10.

“Rasio kontak erat dengan jumlah penduduk masih rendah, yaitu kurang dari lima kontak erat per minggu. Sementara target yang kita harapkan adalah lebih dari sembilan kontak erat per minggu,” ucap Siti Nadia Tarmizi.

Terkait hal tersebut, Siti Nadia Tarmizi meminta kepada seluruh Pemerintah Daerah untuk lebih waspada.

Salah satunya dengan melibatkan seluruh pihak dalam tracing covid-19.

“Diharapkan kepada Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaen/Kota untuk terus meningkatkan jumlah tracing dengan melibatkan kader, mahasiswa, bidan desa, babinsa, dan bhabinkamtibmas,” jelasnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved