Breaking News:

Idul Adha

Higienis dan Ramah Lingkungan, Pemkot Jaksel Gunakan Bongsang untuk Mengemas Daging Kurban 

Higienis dan Ramah Lingkungan, Pemkot Jaksel Gunakan Bongsang untuk Mengemas Daging Kurban. Berikut Selengkapnya

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Plt Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji menunjukkan bongsang sebagai wadah daging kurban 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Tak hanya menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, distribusi daging kurban yang dilakukan Pemerintah Kotamadya (Pemkot) Jakarta Selatan juga ramah lingkungan. 

Hal tersebut dibuktikan dengan penggunaan bongsang, yakni anyaman bambu yang dialasi daun jati sebagai wadah daging kurban. 

Penggunaan bongsang tersebut diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji telah diterapkan sejak Idul Adha tahun lalu. 

Bongsang yang dijadikan sebagai wadah katanya tak hanya ramah lingkungan, tetapi juga menjaga kesegaran daging kurban ketika didistribusikan.

"Penggunaan bongsang ini suatu inovasi yang ramah lingkungan, kita tidak menggunakan plastik sama sekali dalam pengemasan dan distribusi daging kurban," ungkap Isnawa Adji di sela-sela penyembelihan hewan kurban di Masjid Darul Jannah, Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Rabu (21/7/2021).

Baca juga: Vaksin Berbayar Dibatalkan, Ketua RW Pondok Pinang Khawatirkan Nasib WNA yang Tinggal di Wilayahnya

Daging kurban tersebut disampaikan Isnawa Adji akan didistribusikan kepada ratusan cleaning servis dan Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) di lingkungan Kelurahan dan Kecamatan serta Kantor Wali Kota Jakarta Selatan.

"Total ada 61 hewan kurban yang disembelih di Masjid Darul Jannah, rincian sapi 20 dan kambing 41 untuk dibagikan kepada para cleaning servis dan PJLP di lingkungan Pemkot Jaksel. Mengenai distribusinya, (pihak) Kelurahan dan Kecamatan nanti ambil ke sini, supaya menghindari kerumunan," jelasnya. 

Baca juga: Setelah Istri, Aktor Anwar Fuady Sekarang Kehilangan Putra Sulung yang Meninggal Akibat Covid-19

Ditemui terpisah, Kepala Bagian Umum dan Protokol Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Chabib Asyari memaparkan, total hewan kurban yang terkumpul hingga Rabu (21/7/2021) ada sebanyak 152 ekor. 

Rinciannya, sebanyak 48 sapi serta 104 kambing dan domba yang berasal dari masyarakat, 25 orang ASN di lingkungan Pemkot Jakarta Selatan serta perusahaan di wilayah Jakarta Selatan.

Dari jumlah tersebut, pihaknya mendistribusikan sebanyak 91 hewan kurban ke sejumlah lembaga keagamaan, masjid, musalah serta yayasan dan panti sosial di wilayah Pemkot Jakarta Selatan.

Sedangkan sisanya sebanyak 61 hewan kurban dengan rincian 20 sapi dan 41 kambing dan domba disembelih di Masjid Darul Jannah.

Baca juga: Pelatih Eduardo Almeida Tetap Jaga Komunikasi Dengan Pemain Singo Edan Selama Jalani Latihan Mandiri

Penyembelihan hewan kurban lanjutnya, dilakukan dengan menggunakan alat dari Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN), yakni berupa kandang berbentuk persegi panjang yang dapat dilipat. 

Sehingga, hewan kurban yang telah diikat di sisi kandang dapat disembelih dengan mudah.

"Penyembelihan dilakukan dengan protokol kesehatan ketat dan higienitasnya dipantau petugas dari Sudin KPKP Jakarta Selatan dibantu dari Tim Fakultas Kedokteran Hewan," ungkap Chabib.

"Selanjutnya daging akan dikemas menggunakan bongsang dan didistribusikan kepada cleaning servis, PJLP dan fakir miskin di lingkup Kantor Wali Kota," jelasnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved