Breaking News:

Virus Corona

Kenali Gejala Covid-19 Mulai Ringan hingga Berat Agar Perawatan Pasien Dilakukan dengan Tepat

Menurut Jerry, perbedaan tingkatan gajala yang terjadi pada pasien Covid-19 pada dasarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu agent, host, environ

Penulis: Mochammad Dipa | Editor: Feryanto Hadi
istimewa
Ilustrasi -- kenali kunci gejala Covid-19 salah satunya sakit kepala, sakit tenggorokan 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Penting bagi kita untuk mengenali gejala dan perawatan COVID-19.

Karena, gejala dan perawatan Covid-19 bisa berbeda-beda, tergantung pada tingkat keparahannya, apakah ringan, sedang, berat, atau kritis.Dengan mengenali gejala Covid-19 dari ringan, sedang, hingga berat dapat membantu memilih penanganan yang tepat.

“Gejala ini menjadi patokan rumah sakit dalam melakukan tata laksana yang tepat dari masing-masing gejala. Apabila pasien yang datang ke rumah sakit dengan gejala yang ringan jangan sampai jatuh ke gejala sedang, berat hingga kritis. Maka kita harus mengetahui klasifikasi gejala pada pasien Covid-19,” ungkap dr. Jerry Nasarudin, Sp.PD dari Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jakarta, saat talkshow keluarga sehat yang disiarkan di streaming radiokesehatan.kemkes.go.id dan live Instagram radiokesehatan, Senin (19/7).

Menurut Jerry, perbedaan tingkatan gajala yang terjadi pada pasien Covid-19 pada dasarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu agent, host, environment.

Baca juga: Gejala Flu Biasa dengan Flu Virus Corona Varian Delta, Apa Perbedaannya? Berikut Cara Mengatasinya

Untuk faktor agen yang dimaksud adalah virulence virus atau daya infeksi dari virus itu yang berbeda-beda. 

Jadi ada yang daya infeksinya tinggi ada juga yang rendah.

Kemudian hal lain yang berpengaruh adalah host atau tubuh dari pasien itu sendiri apabila punya komorbid seperti diabetes mellitus ataupun hipertensi yang membuat gejala pasien Covid-19 menjadi lebih berat.

Lalu faktor Environment yaitu monitoring gejala pasien yang harus terpantau dan termonitor dengan baik.

“Apabila tiga faktor ini dapat terpantau dengan baik insya Allah kondisi tidak akan memburuk. Jadi hal itu yang menyebabkan gejala pasien Covid-19 itu berbeda-beda, ada yang ringan, sedang, berat sampai kritis,” sebut Jerry.

Untuk mengetahui perbedaan antara gejala ringan, sedang, berat bagi orang terkena Covid-19, Jerry mengatakan bisa dilihat ciri-ciri dari gejalanya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved