Breaking News:

Idul Adha

Arief R Wismansyah Anjurkan Salat Iduladha di Rumah, karena Kasus Covid-19 di Kota Tangerang Tinggi

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meminta warganya untuk mematuhi aturan PPKM Darurat, berupa salat Iduladha di rumah saja.

Penulis: Andika Panduwinata | Editor: Valentino Verry
Wartakotalive.com
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menganjurkan warganya untuk menggelar salat Iduladha di rumah, setelah kesepakatan melalui rakor, Senin (19/7/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM< TANGERANG - Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, meminta warganya untuk salat Iduladha di rumah saja, mengingat aturan PPKM Darurat mengharuskan demikian.

Hal tersebut disepakati setelah Pemkot Tangerang menggelar rapat koordinasi (rakor) secara daring bersama Forkopimda, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang, serta Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota tangerang, dan Kementerian Agama Kota Tangerang, dalam penerapan SE Kementerian Agama No. 17 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan kurban 1442 H/2021 Masehi dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Baca juga: Angkut Pemudik Iduladha, 10 Travel Gelap Diamankan di Akses Masuk Gerbang Tol Kabupaten Bekasi

Arief yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kondisi Kota Tangerang masih terjadi peningkatan kasus terkonfirmasi Covid-19.

Diketahui tingkat keterisian tempat tidur pada rumah sakit menunjukkan angka 87,03 persen.

"Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Tangerang belum menunjukkan penurunan yang signifikan, bahkan kasus saat ini mencapai 1.000 lebih kasus terkonfirmasi," ujar Arief, Senin (19/7/2021).

Dalam Kesempatan yang sama, Kasubag TU Kementerian Agama Kota Tangerang, H Samsudin, menyampaikan sesuai SE Kementerian Agama, Kota Tangerang meniadakan salat Iduladha berjamaah di Masjid, Musala atau tempat terbuka yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

"Selain peniadaan salat Iduladha di tempat peribadatan, diharapkan kepada pengurus Masjid, pelaksanaan kurban diharapkan untuk dilaksanakan pada 11 sampai 13 Zulhijah agar tidak terjadi kerumunan," ucap Samsudin.

Baca juga: Akibat PPKM Darurat Lurah Cipete Selatan Imbau Warga Salat Iduladha di Rumah Masing-masing

"Kebijakan ini bukan berarti tidak boleh melaksanakan salat Idul Adha tetapi boleh dilaksanakan bersama keluarga inti di rumah masing - masing," sambungnya.

Selain itu, Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang Amin Munawar menegaskan, salat Iduladha saat pandemi Covid-19 sebaiknya dilakukan di rumah bersama keluarga terlebih saat ini masih pemberlakuan PPKM Darurat.

"Melihat perkembangan virus Covid-19 yang masih melanda di Kota Tangerang, maka kami pengurus MUI Kota Tangerang mengajak kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat untuk melaksanakan salat ied di rumah," kata Amin.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved