Krisis Oksigen

Kejari Depok Salurkan 500 Tabung Oksigen Medis ke Dinkes Depok demi Kemanusiaan

Meski bukan tugasnya, Kejari Depok coba mengatasi krisis oksigen yang kini dialami Indonesia.

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Valentino Verry
Kejari Depok Salurkan 500 Tabung Oksigen Medis ke Dinkes Depok demi Kemanusiaan
Warta Kota/Vini Rizki
Kepala Kejari Depok Sri Kuncoro menyalurkan 500 tabung oksigen ke rumah sakit untuk membantu mengatasi krisis oksigen.

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Sebanyak 500 tabung oksigen ukuran besar dipasok Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok untuk keperluan rumah sakit di Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

Pasokan bantuan atas nama kemanusiaan ini dilakukan Kejari Depok dalam merespons langkanya oksigen medis yang terjadi di sejumlah rumah sakit lantaran membludaknya pasien Covid-19.

Baca juga: Kelurahan Pamulang Timur Tak Punya Solusi Atasi Kesulitan Oksigen Bagi Warga yang Menjalani Isoman

Kepala Kejari Depok Sri Kuncoro mengatakan, tindakan ini diambil pihaknya lantaran mendengar sejumlah rumah sakit kerepotan dalam mendapatkan oksigen bagi pasien Covid-19 akibat tingginya permintaan.

Padahal, untuk mendapatkan pasokan oksigen medis, Dinkes Kota Depok telah mengantre hingga dua hari di sejumlah vendor.

"Kita dapat kabar bahwa Dinkes Depok butuh 1.000 tabung oksigen dan sudah pesan ke vendor ternyata di PHP (pemberi harapan palsu) oleh vendor sehingga tabung oksigen tak kunjung turun," ucapnya.

"Atas dasar itulah dua hari ini kita bangun jejaring sosial kita hingga terealisasi bantuan 500 tabung oksigen ukuran besar ini," imbuh Kuncoro kepada Warta Kota, Minggu (18/7/2021).

Baca juga: Danrem Suryakencana Brigjen TNI Achmad Fauzi Pastikan Ketersediaan Oksigen di Kabupaten Bogor

Bantuan tersebut diawali dengan pelepasan truk pengangkut yang akan berangkat ke Cilegon untuk menjemput ratusan tabung oksigen medis itu di halaman Kejari Depok, Sabtu (17/7/2021).

Kuncoro mengatakan, nantinya pihak Dinkes Kota Depok yang akan menyalurkan tabung oksigen tersebut kepada rumah sakit-rumah sakit yang membutuhkan.

"Untuk pendistribususian tabung oksigen, rumah sakit mana yang akan disalurkan tabung oksigen ini kita serahkan kepada Dinkes Depok,” ucapnya.

“Mereka yang lebih tahu rumah sakit mana yang lebih membutuhkan," imbuh Kuncoro.

Meski mengaku jumlah yang diserahkan itu belum bisa maksimal jika dibandingkan dengan keseluruhan kebutuhan, namun dalam kegiatan bertema Jaksa Untuk Kemanusiaan ini pihaknya akan terus berupaya agar pemenuhan kebutuhan oksigen medis dapat terus dilakukan.

Baca juga: Ketersedian Oksigen di RS Kota Bogor Kritis, Bima Arya Minta Pemerintah Pusat Segera Turun Tangan

"Di mana kita tahu, secara nasional penambahan kasus Covid-19 per hari sudah mencapai 50.000 kasus dan kita tidak tahu sampai kapan itu akan berakhir," ujarnya.

"Jadi, paling tidak tabung oksigen adalah salah satu yang paling vital khususnya untuk pasien Covid-19 yang sedang kritis," lanjut Kuncoro.

Terealisasinya bantuan pasokan oksigen ini, kata Kuncoro, dapat terlaksana baik dari hasil kerjasama Kejari Depok dengan Kejari Cilegon yang berkoordinasi ke PT Krakatau Steel serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) dan Dinas PUPR Kota Depok untuk penyediaan armada truk pengangkut tabung oksigen.

"Terima kasih dan penghargaan kami setinggi-tingginya atas armada yang dipinjamkan oleh Dinas PUPR dan Dinas LHK Kota Depok, untuk membantu kami mengisi tabung oksigen," katanya.

Baca juga: VIDEO SNG Cargo Peduli Sediakan Oksigen Medis Gratis untuk Warga yang Membutuhkan

"Kegiatan ini tidak ada lagi kaitannya dengan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 61, kita murni tergerak karena kemanusiaan," tutup Kuncoro.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved