Breaking News:

Berita nasional

Beredar Foto Setnov Gunakan Ponsel, ICW Desak Ia Dipindahkan ke Nusakambangan

ICW mendesak Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly untuk memindahkan Setnov dari Lapas Sukamiskin ke Lapas Nusakambangan

Editor: Bambang Putranto
ISTIMEWA
Foto mantan Ketua DPR Setya Novanto membawa handphone, beredar di publik. 

Wartakotalive.com, Jakarta - Indonesia Corruption Watch (ICW) menyatakan foto terpidana eks Ketua DPR Setya Novanto menggunakan ponsel yang beredar di tengah masyarakat semakin memperlihatkan kebobrokan Kementerian Hukum dan HAM dalam mengelola lembaga pemasyarakatan yang diisi oleh para pelaku korupsi.

Maka dari itu, ICW mendesak Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly untuk memindahkan Setnov dari Lapas Sukamiskin ke Lapas Nusakambangan.

Sebab, dikatakan Peneliti ICW Kurnia Ramadhana, praktik pelanggaran ini bukan kali pertama terjadi, sebelumnya pada pertengahan tahun 2019 Setnov sempat terbukti melakukan plesiran.

"Untuk itu, ICW mendesak agar Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, segera memindahkan mantan Ketua DPR RI tersebut ke lembaga pemasyarakatan dengan tingkat pengawasan maksimum, misalnya Nusakambangan," kata Kurnia dalam keterangannya, Sabtu (17/7/2021).

Tidak cukup di situ, ujar Kurnia, Kemenkumham juga harus mengaudit seluruh instrumen pengawasan yang ada di Lapas Sukamiskin sebagai langkah mitigasi praktik serupa terulang pada masa mendatang.

Satu usul yang mungkin bisa dipertimbangkan adalah menghubungkan CCTV di Lapas Sukamiskin ke kantor penegak hukum, entah itu kepolisian, kejaksaan, atau Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Ini penting karena pengawasan tunggal yang dilakukan oleh Kemenkumham seringkali bermasalah, sehingga mesti ditambah dari unsur pihak lain," ujar Kurnia.

Selain itu, ICW menuntut Kemenkumham harus menelusuri penyebab Setya Novanto dapat lolos menggunakan handphone.

"Apa sekadar kelalaian petugas atau ada unsur suap-menyuap di balik kejadian tersebut?" kata Kurnia.

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham sebelumnya telah memberikan penjelasan mengenai beredarnya foto Setya Novanto yang kedapatan membawa handphone.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved