Berita nasional

Wamendes: Keterampilan Pendidikan Vokasi Jadi Penting dalam Pembangunan Desa

Keterampilan pendidikan vokasi ini penting karena memang itu isu utama dari pembangunan desa khususnya Bumdes di Indonesia

Warta Kota/Muh Azzam
Ilustrasi -Makanan UMKM di salah satu minimarket hasil dari Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Kegiatan ini dapat membantu perekonomian di desa. 

Wartakotalive.com, Jakarta - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mengatakan, pentingnya pendidikan vokasi dalam mendukung pembangunan desa.

Terutama, dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam mengelola Badan usaha milik desa (Bumdes).

Hal itu disampaikan Budi Arie dalam webinar bertajuk 'Solusi Riset Terapan Vokasi Untuk Pembangunan Ekonomi Desa' yang digelar Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud-Ristek, Jumat (16/7/2021).

"Keterampilan pendidikan vokasi ini penting karena memang itu isu utama dari pembangunan desa khususnya Bumdes di Indonesia," kata Budi Arie.

Budi mengungkapkan, memang selama ini dalam pengelolaan SDM khususnya di desa ada kelangkaan atau kesenjangan. Terlebih, hampir ada 94 ribu desa di seluruh Indonesia.

Ia juga menekankan, bagaimana pendampingan dalam pengembangan SDM di desa sangat diperlukan. Hal tersebut dalam sektor pendidikan dan kesehatan.

Pasalnya, Budi melihat langsung bagaimana kurangnya pendampingan serta pembinaan dalam mengembangan SDM di desa berpengaruh dalam pembangunan di daerah tersebut.

"Kalau perlu, adanya akselerasi dari segi pendampingan maupun bagaimana sentuhan-sentuhan di sektor khususnya pendidikan dan kesehatan, adil dan merata diseluruh Indonesia," ucap Budi.

Budi menambahkan, faktor pendukung dalam pembangunan desa juga bisa lahir dari kontribusi warga Desa sendiri. Dimana, keterlibatan anak muda, hingga masyarakat Desa itu sendiri.

Maka, kata Budi, syarat utama pembangunan desa adalah bagaimana anak muda di desa, kedua, sumber daya manusia (SDM) yang kreatif dan inovatif. Ketiga, partisipasi warga desa.

"Hampir seluruh desa-desa yang maju dan Bumdes yang diorganisir dengan baik itu 3 syaratnya terpenuhi. Anak mudanya, SDM kreatif inovatif dan partisipasi warga desanya. Warga desa bukan hanya sekedar penonton dari proses pembangunan itu," jelas Budi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Wamendes: Keterampilan Pendidikan Vokasi Jadi Penting dalam Pembangunan Desa

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved