Ibu Rumah Tangga dan Generasi Milenial Jadi Incaran Sumber Utang dalam Sukuk

Ibu Rumah Tangga dan Generasi Milenial Jadi Incaran Sumber Utang dalam Sukuk. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

ANTARA/Pixabay/Artbaggage/am
Ilustrasi utang 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ibu rumah tangga dan generasi milenial menjadi incaran sumber pembiayaan utang negara dalam bentuk penerbitan sukuk.

Meskipun mayoritas Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) saat ini masih dimiliki oleh Bank, kepemilikan investor individual persentasenya mengalami peningkatan yaitu sebesar Rp 46,48 miliar per Juni 2021 dibanding periode sama pada 2020 senilai Rp 22,27 miliar.

"Fenomena ini menunjukkan perluasan basis investor individu di tanah air, khususnya generasi milenial dan Ibu rumah tangga yang mapan secara finansial mempunyai peluang besar untuk terus dikembangkan," ujarnya mengutip laman kemenkeu.go.id, Jumat (16/7/2021).

Menurut Sri Mulyani, pengembangan pasar modal di Indonesia masih menghadapi tantangan dalam bentuk rendahnya tingkat literasi keuangan.

Baca juga: Tonton Sinetron Ikatan Cinta Akibat PPKM Darurat, Mahfud MD Kritisi Pemahaman Hukum Penulis Skenario

Karena itu, dia menyampaikan, bahwa edukasi dan literasi terkait pasar keuangan syariah menjadi salah satu aktivitas yang sangat penting

Adapun survei otoritas sektor keuangan tahun 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan syariah Indonesia baru mencapai 8,93 persen meskipun mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam.

Tantangan lain adalah minimnya jumlah penerbitan sukuk oleh sektor korporasi dan rendahnya partisipasi investor domestik di pasar sukuk.

Hal ini, lanjut Sri Mulyani, merupakan tantangan yang serius dan nyata bagi perkembangan pasar modal syariah Indonesia.

“Kita juga perlu untuk terus mendiversifikasikan penerbitan sukuk korporasi dengan menerbitkan berbagai fitur-fitur yang makin menarik sehingga minat investor baik di dalam negeri maupun luar negeri dapat terwadahi,” pungkasnya. (Yanuar Riezqi Yovanda)

Baca juga: DAFTAR 5 Vaksin Covid-19 yang Dipakai Indonesia, Efikasi Pfizer Tertinggi, Sinovac Paling Rendah

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved