Breaking News:

Berita Bekasi

Hewan Kurban di Kabupaten Bekasi Tak Perlu Diswab Test, Covid-19 Hanya Menyerang Manusia

"Kalau selama ini kan belum ada kajian atau secara ilmiah artinya bahwa hewan kurban terpapar Covid-19. Selama ini belum ada kajiannya," kata Dwiyan

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dedy
Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi
Pihak Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melakukan pemeriksaan hewan kurban. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI --- Menjelang Hari Raya Idul Adha 2021, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi melakukan pemerikasaan seluruh hewan kurban baik kambing maupun sapi.

Pemeriksaan meliputi kondisi fisik hingga kesehatan untuk memastikan bebas dari penyakit berbahaya.

Kepala Seksi Pengamatan dan Pemberantasan Penyakit Hewan (P3H) Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dwiyan Wahyudiharto menyatakan dalam pemeriksaan kesehatan untuk memastikan hewan kurban bebas antraks dan tidak dilakukan pemeriksaan swab test atau tes Covid-19.

"Kalau selama ini kan belum ada kajian atau secara ilmiah artinya bahwa hewan kurban terpapar Covid-19. Selama ini belum ada kajiannya," kata Dwiyan, pada Jumat (16/7/2021).

Dia mengungkapkan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesi maupun organisasi kesehatan dunia atau WHO belum pernah menyatakan bahwa Covid-19 menularkan ke hewan.

Ditegaskannya, Covid-19 hanya menularkan pada manusia.

"Jadi secara kajian ilmiah belum ada itu, dari WHO dan Kemenkes Covid-19 juga belum menegaskan, itu hanya menyerang pada manusia jadi engga perlu diswab atau apa gitu ya," ungkap dia.

Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengerahkan puluhan petugas untuk melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban.

Puluhan petugas tersebut akan melakukan pemeriksaan hewan kurban yang dijual di wilayah Kabupaten Bekasi, untuk memastikan kondisi sehat dan sesuai syariat Islam.

Kepala Seksi Pengamatan dan Pemberantasan Penyakit Hewan (P3H) Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dwiyan Wahyudiharto menjelaskan ada sebanyak 30 petugas dari unsur tenaga medis seperti dokter maupun tenaga kesehatan hewan dikerahkan untuk melakukan pemeriksaan kelaikan hewan kurban.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved