Breaking News:

Kesehatan

Saraf Terjepit Dapat Ditangani Tanpa Perlu Operasi, Caranya dengan Kateter RACZ dan DiscFX

Saraf terjepit merupakan suatu kondisi yang diakibatkan menonjolnya bantalan tulang belakang sehingga menjepit saraf tulang belakang. 

Penulis: Dodi Hasanuddin | Editor: Dodi Hasanuddin
Wartakotalive.com/Dodi Hasanuddin
Saraf Terjepit Dapat Ditangani Tanpa Perlu Operasi, Caranya dengan Kateter RACZ dan DiscFX. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Saraf terjepit dapat ditangani tanpa perlu operasi, caranya dengan kateter RACZ dan DiscFX.

Hernia nukleus pulposus (HNP) atau dalam istilah awamnya saraf terjepit merupakan suatu kondisi yang diakibatkan menonjolnya bantalan tulang belakang sehingga menjepit saraf tulang belakang. 

HNP dapat terjadi pada semua ruas tulang belakang, tetapi yang paling sering terjadi yaitu pada segmen lumbal atau pinggang yang sebagian besar pada segmen L4-L5, L5-S1.

Saraf terjepit juga bisa terjadi pada ruas leher C5-C6 atau C6-C7.  Saraf terjepit ini juga bisa mengenai segala usia, baik muda maupun tua.  

Pada usia muda umumnya disebabkan oleh cedera dan beban berat pada tulang belakang sehingga menyebabkan penonjolan bantalan tulang atau diskus intervertebrali.

Sedangkan pada usia tua disebabkan proses degenerasi, dan hilangnya elastisitas batalan tulang.  

Faktor risiko saraf terjepit ini cukup banyak, antara lain usia, cedera (baik jatuh akibat kecelakaan atau olahraga), aktivitas dan pekerjaan (duduk lama, mengangkat ataupun menarik beban yang berat.

Kemudian sering memutar punggung ataupun membungkuk, latihan fisik terlalu berat dan berlebihan, terpapar getaran yang konstan, olahraga berat, merokok, berat badan berlebihan, dan batuk dalam waktu yang lama.

Baca juga: Malaysia akan Berhenti Gunakan Vaksin Sinovac, Beralih Gunakan Vaksin Pfizer

Saraf terjepit ini dapat menimbulkan beragam gejala bergantung pada lokasi jepitan saraf itu terjadi.

Namun pada umumnya dikatakan mengalami saraf kejepit apabila mengalami salah satu dari tiga gejala berikut :

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved