Idul Adha

Sepekan Jelang Idul Adha 1442 H, Ribuan Hewan Kurban di Jakarta Utara Dinyatakan Sehat

Sepekan Jelang Idul Adha, Ribuan Hewan Kurban di Jakarta Utara Dinyatakan Sehat. Berikut Selengkapnya

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Dwi Rizki
istimewa
Ilustrasi Pemeriksaan Hewan Kurban 

WARTAKOTALIVE.COM, TANJUNG PRIOK - Ribuan hewan kurban mulai dari sapi, kambing dan domba di Jakarta Utara dinyatakan dalam keadaan sehat jelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah pada 20 Juli 2021 mendatang. 

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian Jakarta Utara Unang Rustanto menjelaskan pihaknya sudah memeriksa hewan kurban sejak 5 Juli 2021 sampai hari ini, Rabu (17/7/2021). 

“Kami lakukan pemeriksaan untuk memastikan kepada masyarakat hewan kurban yang dijual di Jakarta Utara telah memenuhi syarat kesehatan,” kata Unang, Rabu (14/7/2021). 

Baca juga: Kolaborasi dengan Seniman Komedi, Sandiaga Uno: Ciptakan Imunitas, Lapangan Kerja & Harapan

Sejauh ini sudah ada sebanyak 3.716 ekor hewan kurban yang telah diperiksa di 67 lokasi penjualan.

Ribuan hewan kurban itu terdiri dari 1.680 ekor sapi, 1.872 ekor kambing, dan 164 ekor domba. 

“Hasil pemeriksaan dipastikan hewan kurban yang dijual di Jakarta Utara tak terdeteksi tanda-tanda klinis penyakit hewan menular,” ucapnya. 

Baca juga: Buka Peluang Usaha & Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Instruksikan Jajarannya Kolaborasi dengan FSP TIM

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kota Jakarta Utara, Suroto meminta kepada para panitia pemotongan hewan kurban menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada saat pelaksanaan. 

Hal itu mengingat Idul Adha kali ini masih diwarnai pandemi Covid-19. Sehingga pada saat proses pemotongan hewan kurban tidak menimbulkan klaster baru penambahan kasus Covid-19. 

“Saya mengimbau panitia pemotongan hewan kurban untuk melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar sesuai syariat agama Islam,” ujar Suroto. 

Banyak Pesanan Dibatalkan

Tak hanya penjualan yang anjlok, pedagang hewan kurban di Pademangan, Jakarta Utara juga mengeluhkan banyaknya pembatalan pesanan.

Padahal Idul Adha 1442 Hijriah hanya tinggal tujuh hari lagi.

Kenyataan pahit itu disampaikan Riyadi (65) seorang pedagang hewan kurban di Jalan RE Martadinata, Pademangan, Jakarta Utara.

Dirinya mensinyalir banyak warga yang membatalkan pembelian sapi dikarenakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved