Breaking News:

Virus corona

Puluhan Pekerja Jepang dan Taiwan Tinggalkan Indonesia karena Takut Covid-19

Puluhan profesional asal Jepang dan Taiwan berangsur mulai meninggalkan Indonesia karena tingginya kasus penyebaran Covid-19 di dalam negeri.

Editor: Bambang Putranto
Warta Kota/Andika Panduwinata
Ilustrasi - Pengisian tabung oksigen gratis di Gedung MUI Kota Tangerang untuk pasien Covid-19, Rabu (14/7/2021). Kejadian ini menunjukkan tingkat keparahan persebaran covid-19 yang menyebabkan banyak pekerja dari Jepang dan Taiwan khawatir, sehingga memilih pulang ke negerinya. 

Wartakotalive.com, Jakarta - Puluhan profesional asal Jepang dan Taiwan berangsur mulai meninggalkan Indonesia karena tingginya kasus penyebaran Covid-19 di dalam negeri.

Sekitar 90 pekerja asal Taiwan akan meninggalkan Indonesia dengan men-charter penerbangan swasta hari ini dan puluhan pekerja Jepang dipulangkan ke negaranya bersama keluarganya.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo mengatakan, hal tersebut merupakan hal biasa dan hak pemerintah mereka demi melindungi warganya.

"Saya kira hal biasa saja, tidak perlu ditanggapi berlebihan. Kita pun, jika suatu negara mengalami suatu hal bencana, apapun bentuknya, pasti nomor satu memberikan perlindungan kepada WNI di luar negeri," kata Rahmad saat dihubungi, Rabu (14/7/2021).

Menurutnya, hal terpenting yang saat ini perlu dilakukan semua pihak adalah mengikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah, dan disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Tidak perlu pikirin warga negara asing atau negara lain, yang penting kita satu padu, kerja sama. Karena dunia juga tahu, ini bencana dunia dan Indonesia mengalami ujian yang berat dalam penanganan Covid-19," paparnya.

"Kita harus fokus kepada diri sendiri, bangsa sendiri. Sekarang dibutuhkan kesadaran kolektif semua pihak, yakinlah kalau bersama menjalankan protokol kesehatan, kita bisa keluar dari krisis kesehatan ini," sambungnya.

Focus Taiwan melansir, sekitar 90 pebisnis dan ekspatriat Taiwan berencana memesan pesawat charter untuk keluar dari Indonesia pada 28 Juli 2021.

Rabu (14/7/2021) ini, mereka pulang ke negaranya menggunakan pesawat Batik Air.

"Mempertimbangkan situasi pandemi yang semakin memburuk di Indonesia, kamar dagang Taiwan di Jakarta, Jawa Tengah, Bali, Surabaya Jawa Timur, semuanya menyarankan anggota senior mereka kembali ke Taiwan," kata Kuo Chang-hsin yang merupakan Kepala pusat layanan yang didirikan oleh Kamar Dagang Indonesia Taiwan (ITCC).

Selain pekerja asal Taiwan, sebuah perusahaan swasta asal Jepang juga telah menyewa pesawat pada hari ini untuk menarik pulang karyawannya dari Indonesia.

Menteri Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu Kato pun mengatakan, pemerintah Jepang akan membantu warga negaranya di Indonesia untuk kembali ke Jepang melalui opsi penerbangan khusus jika itu diperlukan, dan ada permintaan dari warganya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Takut Covid, Pekerja Jepang dan Taiwan Tinggalkan Indonesia, DPR: Tak Perlu Disikapi Berlebihan

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved