Breaking News:

Kriminalitas

Polres Pelabuhan Tanjung Priok Gagalkan Penyelundupan Benur, Nilainya Ditaksir Mencapai Rp 6 Miliar

Polres Pelabuhan Tanjung Priok Gagalkan Penyelundupan 11 Boks Benur Senilai Rp 6 Miliar. Berikut Selengkapnya

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Jajaran Polres Pelabuhan Tanjung Priok menunjukkan barang bukti kasus penyelundupan benih lobster atau benur di Mapolres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Selasa (13/7/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, TANJUNG PRIOK - Polres Pelabuhan Tanjung Priok menggagalkan penyelundupan benih lobster atau benur pada Minggu (11/7/2021).

Pelaku diketahui memanfaatkan PPKM Darurat dengan menyelundupkan benih lobster

Tiga orang tersangka masing-masing berinisial UJ (40), N (39), dan R (20) ditangkap saat berusaha menyelundupkan benur dari Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara. 

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana mengatakan pada kesempatan itu ada 11 boks benih lobster alias benur dengan jumlah mencapai puluhan ribu ekor. 

"Kami bisa ungkap upaya penyelundupan benih lobster, tepatnya 61.398 ekor, yang berasal dari wilayah selatan Jawa Barat, tepatnya dari Pelabuhan Ratu," kata Kholis pada Selasa (13/7/2021).

Baca juga: Boleh Berkurban Seekor Kambing untuk Satu Keluarga, Ustaz Adi Hidayat Paparkan Hukumnya

Kholis mengatakan, satu ekor benur yang akan dibawa ke Vietnam melalui Pulau Sumatera itu bisa dijual seharga Rp 100.000 per ekor.

Alhasil jumlah totalnya bisa mencapai nilai yang fantastis. 

Baca juga: Waspada Begal Sadis di Jatikramat, Seorang Warga Tewas Dibacok Ketika Jaga Warung Kopi

"Khusus untuk barang bukti benih lobster yang berhasil kita amankan, berpotensi menyelamatkan keuangan negara. Apabila dijual hingga ke luar negeri, senilai sekitar Rp 6 miliar," ucap Kholis. 

Adapun ketiga tersangka dijerat Pasal 92 juncto Pasal 26 ayat 1 UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang perikanan. Sementara kelompok-kelompok yang memfasilitasi dijerat Pasal 55 KUHP. 

"Ancamannya di atas lima tahun penjara," tuturnya. (jhs)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved