Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini BMKG: Hujan Lebat dan Angin Kencang Landa  beberapa wilayah di Indonesia

BMKG mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca, hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Penulis: Hertanto Soebijoto | Editor: Hertanto Soebijoto
twitter/@infoBMKG
Senin (12/7/2021) hari ini BMKG mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca, hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Hari ini, Senin (12/7/2021), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca.

Menurut BMKG, hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Berdasarkan informasi yang dikutip Antara dari situs BMKG pada Senin, di Jakarta, disebutkan potensi hujan sedang hingga lebat diperingatkan untuk Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan.

Video: Selama PPKM Darurat, Mobilitas Warga DKI Jakarta Turun

Kondisi serupa juga diprakirakan terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Kemudian berdasarkan ikhtisar cuaca harian, BMKG menyampaikan sirkulasi siklonik yang terpantau di sejumlah wilayah seperti di Laut China Selatan sebelah utara dari Kalimantan Barat yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Laut China Selatan utara Kalimantan dan dari perairan timur Kalimantan Timur hingga pesisir utara Kalimantan bagian utara.

Baca juga: PPKM Darurat Jakarta: Mulai Senin Ini Penumpang Transjakarta Wajib Tunjukkan STRP

Baca juga: PROFIL Eka Supria Atmaja, dari Kepala Desa, Ketua DPRD hingga Jadi Bupati Bekasi

Selain itu, terpantau juga di Selat Makassar bagian selatan yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Sulawesi Tengah bagian selatan hingga Selat Makassar bagian selatan, serta membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) yang memanjang dari Selat Makassar bagian utara hingga bagian selatan.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau dari perairan barat Sumatera Utara hingga pesisir timur Sumatera Utara, di Sumatera Utara hingga perairan barat Bengkulu, di perairan timur Sulawesi Tenggara hingga Selat Makassar bagian selatan, di Papua bagian utara hingga Papua Barat dan di
sepanjang Papua bagian tengah.

BMKG menyebutkan, kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Baca juga: UPDATE Tinggi Muka Air Seluruh Pintu Air di Jakarta, Bogor dan Depok Senin 12 Juli 2021

BMKG juga meminta masyarakat di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk waspada potensi angin kencang di wilayah Pulau Timor, Pulau Rote, Pulau Sabu, dan Pulau Sumba.

Di samping itu, masyarakat di wilayah NTT juga diminta waspada potensi kebakaran lahan. (*)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved