Breaking News:

Tips

Melamar Pekerjaan Pakai Video Singkat Lewat TikTok Resume, Pasti Akan Lebih Menarik

TikTok Resume sajikan menu untuk mengirim curriculum vitae dalam bentuk video ke berbagai perusahaan

TikTok
Aplikasi TikTok mencoba terobosan baru dengan membuat TikTok Resume untuk melamar pekerjaan 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Di era digitalisasi, banyak hal yang bisa dilakukan melalui pengembangan teknologi terkini yang sangat efisien.

Seperti halnya melamar pekerjaan, banyak alternatif yang bisa dilakukan seseorang untuk melakukan submit curriculum vitae  atau resume ke sebuah perusahaan.

Hal itu pula yang dilakukan TikTok yang tengah menguji fitur baru yang dinamai "TikTok Resume".

Aplikasi besutan ByteDance itu menggarap sebuah fitur yang memungkinkan pengguna dapat melamar pekerjaan dengan menyertakan resume dalam bentuk video ke berbagai perusahaan.

Dikutip dari laman resmi TikTok Newsroom, Senin (12/7/2021), fitur TikTok Resume telah bekerja sama dengan 30 perusahaan asal Amerika Serikat seperti Chipotle, Target, Shopify, NASCAR, Contra, dan WWE.

Baca juga: Ini Poin-Poin Penting Dalam Mengisi Surat Lamaran dan Pernyataan CPNS 2021

Caranya pun sangat mudah, selain membuat lamaran pekerjaan secara formal di TikTok, pengguna harus membuat resume berupa video singkat.

Setelah itu pengguna mengunggahnya ke TikTok lalu mengirim video tersebut ke perekrut melalui aplikasi.

Hebatnya lagi, video yang terunggah tidak hanya dilihat oleh perekrut kerja, tapi akan dibagikan di media sosial Tiktok secara umum dan tak menutup kemungkinan bisa menjadi For Your Page atau FYP.

Kemudahan melamar kerja melalui TikTok Resume tampaknya akan sangat diminati sebab aplikasi ini menjadi raja sosmed yang menyaingi Facebook atau Instagram.

Baca juga: Video TikTok Viral Seorang Cucu Kisahkan Sang Nenek Hobi Mencatat Jumlah Kasus Covid-19 di Indonesia

Perlu diingat, pengguna tidak disarankan untuk memasukkan nama keluarga, alamat email, atau informasi pribadi lainnya pada video tersebut.

"Kami senang meluncurkan 'TikTok Resume' sebagai program percontohan yang dirancang untuk terus memperluas dan meningkatkan layanan TikTok sebagai saluran baru untuk menemukan dan rekrutmen pekerjaan," tulis TikTok di laman TikTok Newsroom.

Saat ini, pengguna sudah bisa melamar pekerjaan yang tersedia melalui fitur TikTok Resume" sejak 7 Juli hingga 31 Juli 2021.

Sebagai program percontohan, fitur TikTok Resume baru bisa digunakan oleh pengguna di AS. Akan tetapi, tak menutup kemungkinan layanan ini akan tersedia di negara lain pada periode mendatang.

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved