Breaking News:

Baznas Pastikan Nutrisi dan Kesehatan Ternak Jelang Hari Raya Idul Adha

Salah satu upaya yang dilakukan adalah memastikan kecukupan nutrisi dan kesehatan ternak dengan memberi suplemen alami berupa jamu herbal.

Editor: Ichwan Chasani
Dok. Baznas
Kini para peternak Baznas yang tersebar di 16 balai ternak di seluruh Indonesia sedang menyiapkan hewan ternak berkualitas dan terbaik untuk menyambut hari raya kurban. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyiapkan hewan ternak terbaik dalam menyambut Hari Raya Idul Adha mendatang.

Seperti di Balai Ternak Baznas Bogor, salah satu upaya yang dilakukan adalah memastikan kecukupan nutrisi dan kesehatan ternak dengan memberi suplemen alami berupa jamu herbal kepada ternak.

"Jelang Hari Raya Idul Adha, Baznas terus menyiapkan kurban berkualitas, serta memastikan kesehatan hewan ternak, salah satunya dengan memberikan jamu. Jamu herbal dipilih karena dapat menjadi suplemen alami meningkatkan nafsu makan domba, sehingga ternak mengalami peningkatan bobot yang signifikan, serta menjaga daya tahan tubuh ternak," kata Pimpinan Baznas RI, Saidah Sakwan, M.A., Senin (12/7/2021).

Saidah menuturkan, jamu herbal yang diberikan berasal dari kunyit yang merupakan salah satu tanaman herbal khas indonesia. Cara pembuatannya adalah kunyit diparut halus dan diberikan kepada ternak satu kali dalam sehari sebelum memberikan pakan ternak.

"Penggunaan empon tanaman herbal ini memang memiliki manfaat bagi ternak sekaligus menjadi solusi yang mudah serta bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tenak. Selain itu, jamu yang terbuat dari kunyit berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan kambing serta meningkatkan kinerja organ pencernaan ternak," katanya.

Kini para peternak Baznas yang tersebar di 16 balai ternak di seluruh Indonesia sedang menyiapkan hewan ternak berkualitas dan terbaik untuk menyambut hari raya kurban.

Balai Ternak Baznas Bogor memiliki 47 peternak, terbagi dalam dua kelompok. Para peternak mustahik di sana sering kali diandalkan untuk menyuplai ternak guna permintaan bibit, aqiqah, kurban, dan permintaan lainnya dari masyarakat.

"Kemandirian peternak pun sudah terlihat dari pemeliharaan ternak yang sesuai SOP. Pasalnya, selama menjadi binaan Baznas para peternak tak hanya dimodali hewan saja, namun juga pendampingan dan pelatihan secara rutin," ujar Saidah.

Saidah menuturkan, kemandirian itu juga berdampak pada peningkatan pendapatan rata-rata peternak. Selain itu, di Balai Ternak Baznas Bogor juga sudah mempunyai unit usaha seperti rumah kompos, dengan produk pupuk organik Cimande yang telah melewati uji laboratorium ilmu tanah IPB, usaha layanan aqiqah, sate kabita, intergrated farming, dan budidaya ikan.

Selain itu, saat ini juga sudah mulai mempersiapkan kelembagaan lokal berbadan hukum koperasi peternak, sehingga dapat memperluas pasar peternakan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved