SEA Games 2021

Sudah Terima Surat Penundaan SEA Games 2021, Menpora Zainudin Amali Tentukan Sikap Senin (12/7/2021)

Menpora Zainudin Amali mengatakan bahwa pihaknya masih belum bisa mengambil sikap terkait kabar penundaan SEA Games 2021.

Penulis: Abdul Majid | Editor: Sigit Nugroho
Kemenpora.go.id
Menpora Zainudin Amali secara virtual mengukuhkan Kontingen Indonesia yang akan mengikuti Olimpiade Tokyo yang dihadiri juga oleh Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, CdM Rosan P Roeslani, Atlet dan ofisial tim lainnya. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengatakan pihaknya masih belum bisa mengambil sikap terkait kabar penundaan SEA Games 2021.

Keputusan atau sikap Kemenpora bakal diambil setelah pihaknya mendapatkan surat resmi yang menyatakan SEA Games 2021 benar diundur.

“Kami masih tunggu suratnya. Supaya ada bukti tertulis dulu baru setelah itu kami akan tentukan sikap,” kata Zainudin dikutip dari Tribunnews.com, Jumat (9/7/2021).

Zainudin berujar bahwa pihaknya baru saja menerima surat resmi penundaan SEA Games 2021 dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Setelah menerima surat tersebut, Zainudin mengagendakan  menggelar rapat koordinasi dengan Komite Olimpiade pada Senin (12/7/2021).

Dalam rapat tersebut, pihaknya baru akan menentukan sikap seperti apa yang tepat untuk diberlakukan kepada cabor-cabor yang telah melakoni pelatnas.

Baca juga: Akibat Pandemi Covid-19 Varian Baru Sedang Tinggi di Asia Tenggara, SEA Games 2021 Harus Ditunda

Baca juga: Ketum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari Menolak Pelaksanaan SEA Games 2021 Dialihkan ke Tahun 2022

Baca juga: Menpora Minta Raja Sapta Oktohari Berkoordinasi dengan Negara Lain Agar SEA Games 2021 Tidak Ditunda

“Saya baru saja menerima surat pemberitahuan dari Komite Olimpiade Indonesia tentang penundaan pelaksanaan SEA Games 2021 di Vietnam. Nanti hari Senin tanggal 12 juli akan ada rapat antara Kemenpora dengan Komite Olimpiade Indonesia,” ujar Zainudin.

"Kami akan membahas langkah selanjutnya yang akan dilakukan termasuk tentang pelatnas yang sekarang  sedang dilakukan oleh beberapa Cabor," ucap Zainudin.

"Nanti, kami juga akan membahas apakah kita masih akan berpartisipasi bila pelaksanaan SEA Games tahun 2022, mengingat di tahun yang sama sudah terjadwal juga beberapa kegiatan internasional,” terang Zainudin.

“Jadi sampai saat ini belum ada keputusan apapun dari Pemerintah. Setelah kami rapat dengan Komite Olimpiade Indonesia hari senin akan diumumkan keputusan Pemerintah tentang SEA Games,” tutur Zainudin.

Sementara itu, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto saat dikonfirmasi wartawan mengatakan bila resmi SEA Games diundur atau ditunda imbasnya anggaran pelatnas kepada cabor-cabor akan dihentikan.

Dirinya khawatir bila anggaran tidak dihentikan sedangkan SEA Gamesnya ditunda itu malah akan jadi temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan.

"Kalau Pelatnas SEA Games praktis kami akan menghentikan anggarannya, karena khawatir kena temuan BPK. Sebab, ini pakai APBN. Jadi, harus dihentikan,” kata Gatot.

“Jika mau diteruskan (Pelatnas) tidak pakai APBN tapi mungkin sumber lain,” terang Gatot.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved