Breaking News:

Berita Nasional

Bangkitkan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Ajak Gemawira Dorong UMKM Melek Digital

Bangkitkan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Ajak Gemawira Dorong UMKM Melek Digital

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno meninjau Desa Marinsow, Likupang Timur, Sulawesi Utara pada Sabtu (6/3/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemulihan ekonomi imbas pandemi covid-19 diyakini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno dapat terealisasi lewat sektor ekonomi kreatif, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Hal tersebut terbukti ketika resesi terjadi pada tahun 1998 silam.

Ketika itu, UMKM diketahui menjadi penyelamat ekonomi bangsa kala krisis moneter melanda Indonesia.

Merujuk hal tersebut, dirinya mengajak Komunitas Gemawira untuk berkolaborasi dalam aksi nyata penyelamatan ekonomi bangsa melalui pengembangan UMKM. 

"Hari ini saya ingin mengajak berkolaborasi dan beraksi, atau kita sebut kolaboraksi. Kita semua berdoa agar pandemi segera dicabut oleh Allah dari muka bumi," ungkapnya dalam webinar bersama Komunitas Gemawira secara virtual pada Sabtu (10/7/2021).

Baca juga: STP NHI Bandung Jadi Sentra Vaksinasi Covid-19, Sandiaga Uno Optimis Percepatan Vaksinasi Tercapai

Diakuinya, covid-19 yang mewabah di Indonesia sejak awal tahun 2020 itu menekan perekonomian bangsa. 

Ekonomi Indonesia, khususnya dari sisi Pendapatan Domestik Bruto (PDB), katanya mengalami penurunan yang sangat signifikan. 

Namun, pada sisi lain, sejumlah sub sektor ekonomi kreatif, seperti kuliner, fesyen dan kerajinan tangan (kriya) katanya mengalami peningkatan selama pandemi covid-19.

"Saya melihat ini adalah tantangan karena ada peningkatan dari sektor ekonomi kreatif, seperti kuliner, fesyen dan kriya ini masih mendominasi, sementara sektor lain seperti aplikasi dan game juga meningkat," ungkap Sandiaga Uno

Oleh karena itu, dirinya mengajak Komunitas Gemawira untuk ikut serta dalam berbagai program yang tengah diusung Kemenparekraf dalam pengembangan UMKM nasional. 

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved