Berita Nasional

Pemerintah Klaim Ciptakan 2,6 Juta Lapangan Kerja Baru dan Selamatkan 5 Juta Orang dari Kemiskinan

Program PEN juga diklaim mampu menjadi motor pemulihan ekonomi, sehingga mampu menciptakan 2,61 juta lapangan kerja baru

Editor: Feryanto Hadi
Kompas.com
Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Febrio Kacaribu 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kementerian Keuangan menyatakan, pemerintah telah menyelamatkan 5 juta orang dari kemiskinan saat pendapatan per kapita Indonesia turun dari 4.050 per dolar Amerika Serikat (AS) di 2019 menjadi 3.870 per dolar AS di 2020. 

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan, tanpa adanya program pemulihan ekonomi nasional (PEN), Bank Dunia mengestimasi angka kemiskinan Indonesia tahun 2020 dapat mencapai 11,8 persen. 

"Artinya, program PEN di 2020 telah mampu menyelamatkan lebih dari 5 juta orang dari kemiskinan," ujarnya melalui siaran pers, Kamis (8/7/2021). 

Baca juga: Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah: Jumlah Pengangguran Indonesia Berkurang 950 Ribu Orang

Baca juga: PHK Merebak, Pengangguran Indonesia Tembus 8,75 juta Orang, KSPI Soroti Kedatangan TKA China

Bahkan, program PEN juga diklaim mampu menjadi motor pemulihan ekonomi, sehingga mampu menciptakan 2,61 juta lapangan kerja baru dalam kurun September 2020 hingga Februari 2021. 

Sementara itu, sebelum pandemi, Indonesia tengah berada dalam tren yang kuat dalam pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan. 

Febrio menjelaskan, langkah menempuh taraf kesejahteraan masyarakat yang lebih baik tersebut untuk mendapatkan pertumbuhan ekonomi relatif tinggi, secara konsisten rata-rata 5,4 persen dalam beberapa tahun terakhir sebelum pandemi. 

Baca juga: Irjen Fadil Kerahkan Pasukan Sidak Perkantoran hingga Gedung Pencakar Langit, Ancam Tindak Tegas

Baca juga: Balas Kritik Ibas ke Jokowi, Teddy Beber Analisa Kenapa Corona Tidak Diturunkan Tuhan di Masa SBY

Hal tersebut membawa Indonesia masuk ke dalam kategori negara berpendapatan menengah atas atau upper middle income country dengan pendapatan per kapita mencapai 4.050 dolar AS di 2019, sedikit di atas ambang batas minimal yakni 4.046 per dolar AS. 

"Sebagai catatan, berdasarkan estimasi Bank Dunia, ambang batas minimal untuk sebuah negara masuk menjadi negara berpendapatan menengah atas naik menjadi 4.096 dolar AS," pungkasnya.

Yanuar Riezqi Yovanda

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved