Berita Nasional

Hadiri Pertemuan Pariwisata Halal Internasional, Sandi Optimis Hadirkan Wisata Halal Berkualitas

Hadiri Pertemuan Virtual Pelaku Pariwisata Halal Internasional, Sandiaga Uno Optimis Indonesia Teratas Dalam Hadirkan Wisata Halal

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Uno dalam audiensi bersama Wali Kota dan Bupati di Kantor Kemenparekraf Republik Indonesia, Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (15/6/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mengadakan pertemuan pariwisata halal pada Rabu (7/7/2021).

Dalam acara yang digelar secara virtual tersebut hadir sejumlah menteri dari negara sahabat, antara lain, Menteri Pariwisata dan Olahraga Uzbekistan, Mr Aziz Abdu Hakimov; Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Malaysia, Datuk Sri Rajah Nansisukri.

Selanjutnya, Chief Executive Officer at Singapore Tourism Board Mr Kiev Tan, Chairman of Halal Indonesian Tourism Rianto Sofyan dan Tito Maulana.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengucap syukur kepada Tuhan atas terselenggaranya konferensi tingkat internasional, yakni Halal In Travel Global Summits 2021 yang didukung oleh Crusten Reading dan Mastercard.

"Sebagaimana kita ketahui Indonesia merupakan salah satu negara berkembang untuk menjadi destinasi pariwisata halal di dunia. Menurut laporan dari The State Of Global Islamic Economy di 2019, Indonesia tercatat menjadi lima negara teratas dengan pengeluaran terbesar untuk wisata Muslim halal," jelas Sandiaga Uno.

Hal tersebut katanya menunjukkan Indonesia memiliki banyak destinasi pariwisata halal dan memiliki potensi sumber daya untuk jauh lebih berkembang.

Pariwisata Halal yang dikelola oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus meningkatkan pelayanan serta fasilitas terbaik dari Hotel tempat wisatawan menginap, obyek pariwisata dan aksesibilitas, yang dikelola untuk mencapai pengalaman yang dibutuhkan oleh turis Muslim.

Baca juga: PPKM Darurat, Kawasan Militer Cijantung Dijaga Ketat Anggota Kopassus

"Tetapi, selama lebih dari setahun terakhir, kita sangat berjuang untuk menghadapi pandemi Covid-19. Yang berdampak amat fatal kepada berbagai sektor termasuk Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ungkap Sandiaga Uno.

"Kondisi ini membuat perubahan pada trend dari turisme, menjadi pariwisata yang personalize, customize, localize, dan small in size," jelasnya.

Untuk mencapai Indonesia sebagai negara tujuan utama dari pariwisata halal, Kemenparekraf kata Sandiaga Uno terus meningkatkan kualitas dari pariwisata di Indonesia melalui tiga platform yang disebut inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

Inovasi dilakukan dengan menggunakan teknologi informasi digital dan big data dengan internet pembelajaran secara artifisial inteligen.

Sehingga dapat secara akurat, valid, dan melalui verifikasi strategi adaptasi, kolaborasi dan implementasi dengan strategi fokus pada kebutuhan dari para pelakunya perjalanan wisata Muslim.

Baca juga: Banyak Penyekatan Selama PPKM Darurat, Stok dan Harga Pangan di DKI Jakarta Tetap Stabil

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved