Breaking News:

Bansos

Presiden Jokowi Perintahkan Mensos Risma Percepat Penyaluran Bansos

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan bantuan sosial (bansos) bakal secepatnya disalurkan kepada masyarakat.

Istimewa/Humas Kemensos RI
Menteri Sosial RI Tri Rismaharini mengatakan pekan ini atau paling lambat pekan depan bansos dapat tersalurkan 

Wartakotalive.com, Jakarta - Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan bantuan sosial (bansos) bakal secepatnya disalurkan kepada masyarakat.

Langkah ini merespon arahan Presiden Joko Widodo yang minta mempercepat pencairan bansos untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

“Pada Mei dan Juni akan diberikan Rp600 ribu sekaligus. Tapi saya minta jangan diijonkan dan hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja," kata Risma melalui keterangan tertulis, Senin (5/7/2021).

Risma mengatakan pekan ini atau paling lambat pekan depan bansos dapat tersalurkan.

Data penerima bansos sempat terkendala oleh bank. Hal ini dikarenakan nama yang tercantum pada data bank tidak persis sama dengan data milik Kementerian Sosial yang sudah padan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Di bank itu nama minimal 3 huruf dan tidak berbentuk angka, seperti nama 'IT', NA70, namun untuk kesalahan minor lainnya masih bisa dikoordinasikan," ungkap Risma.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada jajaran Kementerian Sosial agar mengakselerasi program perlindungan sosial.

Arahan Presiden disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan pers usai Sidang Kabinet Paripurna melalui Video Conference, di Jakarta, siang ini (05/07).

Sidang Kabinet Paripurna menyinggung program perlidungan sosial di berbagai kementerian/lembaga sebagai antisipasi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Untuk Kementerian Sosial, Menkeu menyatakan, Presiden menginstruksikan untuk Program Keluarga Harapan (PKH) agar pencairannya dimajukan pada triwulan ketiga di bulan Juli.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved