Breaking News:

Virus Corona

Aturan Transportasi di Jawa Bali Selama PPKM Darurat: Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin dan Tes PCR

Pemerintah memberlakukan PPKM darurat 3-20 Juli 2021, termasuk mengatur transportasi kemana pun di Jawa Bali yang mewajibkan vaksin dan tes PCR.

Editor: Max Agung Pribadi
HO/Wartakotalive.com
Ilustrasi -- Presiden Jokowi akan berlakukan PPKM Darurat Jawa Bali seiring dengan meningkatnya kasus covid-19 di Indonesia yang mencapai 20 ribu per hari 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Untuk mendukung kebijakan PPKM darurat yang ditetapkan pemerintah, Kementerian Perhubungan mengeluarkan sejumlah aturan teknis transportasi.

Berdasarkan surat edaran (SE) Kemenhub tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Transportasi pada masa PPKM Darurat, perjalanan jarak jauh di Jawa Bali wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 dan hasil tes PCR. 

Petunjuk teknis itu mengacu pada SE Gugus Tugas tentang Syarat Perjalanan Dalam Negeri.

Baca juga: PPKM Darurat Diberlakukan, Berikut Ini Lokasi Penyekatan Mobilitas Warga di Kota Tangerang Selatan

Pokok-pokok substansi yang diatur dalam SE tersebut mencakup:

1. Pengaturan penyelenggaraan transportasi angkutan umum dan logistik di semua moda untuk memfasilitasi sektor esensial dan kritikal dengan pembatasan load factor, pembatasan jam operasional, penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat serta mengacu pada kriteria perjalanan yang ditetapkan oleh Gugus Tugas.

2. Kriteria dan persyaratan bagi pelaku perjalanan dalam negeri pada masa PPKM mikro darurat ditetapkan melalui SE Gugus Tugas.

Baca juga: PPKM Darurat Diberlakukan, Berikut Ini Lokasi Penyekatan Mobilitas Warga di Kota Tangerang Selatan

3. Kementerian Perhubungan sebagai penyelenggara transportasi mengatur sarana dan prasarana transportasi di tempat asal, selama perjalanan dan daerah tujuan.

4. SE yang mengatur secara teknis penyelenggaraan transportasi pada masa PPKM Darurat ini berlaku pada wilayah Jawa dan Bali serta yang akan melakukan perjalanan dari dan menuju ke Jawa dan Bali.  Untuk wilayah selain Jawa dan Bali, pengaturan transportasi tetap merujuk pada penyelenggaraan transportasi pada masa pandemi dengan beberapa kriteria tambahan.

Merujuk SE Satgas No.14/2021, Kemenhub juga mengeluarkan petunjuk teknis penyelenggaraan transportasi dengan kriteria dan persyaratan bagi pelaku perjalanan.

Baca juga: Polisi Memperketat Penyekatan Akses Jalan di Perbatasan Kota Bekasi Jelang PPKM Darurat Diberlakukan

Kriteria dan persyaratan transportasi di Jawa Bali itu diuraikan sebagai berikut:

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved