Lonjakan Covid-19 Tinggi, PMI Tangerang Sediakan Layanan 24 Jam Ambulans Untuk Pasien dan Jenazah

Lonjakan Covid-19 yang tak terbendung mendorong PMI Tangerang menyiapkan layanan ambulans khusus Covid-19 yang siap 24 jam melayani masyarakat.

Warta Kota/Gilbert Sem Sandro
PMI tangerang menyiagakan empat ambulans untuk melayani pasien Covid-19, baik untuk pengantaran pasien maupun jenazah. 

WARTAKOTALIVE.COM, Tangerang - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang menyediakan empat unit mobil ambulans, yang dapat dipergunakan masyarakat Kota Tangerang yang membutuhkan.

Empat unit ambulans tersebut terbagi menjadi 1 unit untuk pasien pada umumnya, 1 unit khusus untuk pasien Covid-19 dan 2 unit mobil untuk mengantar jenazah. 

Humas PMI Tangerang Ade Kurniawan mengatakan, masyarakat yang meminta penjemputan ambulans agar memastikan terlebih dahulu ketersediaan kamar/tempat di rumah sakit  rujukan.

Baca juga: Covid-19 Mengganas, Pemkot Jaksel Siagakan 76 Petugas Pemulasaran Jenazah Covid-19 di Kecamatan

Hal ini dilakukan karena PMI Tangerang memperhatikan kondisi pasien yang dibawa dan juga efisiensi waktu yang diperlukan.

Selain itu, pihak driver dan juga petugas dapat mengetahui unit ambulans jenis apa yang harus dipersiapkan untuk penjemputan.

"Sebelum merujuk pasien, kami akan tanyakan terlebih dahulu apa diagnosa yang diderita pasien. Sebab kami memiliki ambulans khusus pasien Covid-19, yang sudah tersedia peralatan khusus seperti oksigen dan juga Automated External Defibrillator (AED), ujar Ade saat diwawancarai Wartakotalive.com di Kantor PMI Tangerang, Kamis(1/7/2021).

Baca juga: Pasien Covid-19 Kota Depok yang Butuh Ambulans Untuk Diisolasi Bisa Menghubungi Nomor Ini

Ambulans yang disediakan PMI Tangerang tidak hanya melayani penjemputan dari rumah pasien menuju RS.

Layanan ini juga dapat mengantar pasien dari RS yang sudah memperbolehkan pasien pulang ke rumah atau perpindahan pasien dari satu rumah sakit ke rumah sakit rujukan yang sudah ditentukan.

Pelayanan ambulans PMI Tangerang juga tidak hanya melayani pasien ke dalam kota, melainkan pasien dengan tujuan luar kota juga tetap akan dilayani.

Baca juga: Polda Metro Jaya Siagakan Ambulans Gratis untuk Evakuasi Pasien Covid-19

"Belum lama ini PMI Tangerang paling jauh mengantar pasien sampai ke Jawa Tengah, bahkan Jawa Timur," kata Ade.

Bagi masyarakat yang membutuhkan layanan penjemputan menggunakan ambulans, pihak PMI Tangerang menyediakan dua nomor kontak yang dapat dihubungi. 

Kontak pertama yang dapat dihubungi langsung melalui panggilan seluler adalah telepon kantor, dengan nomor 5524521.

Baca juga: Antisipasi Keterbatasan Mobil Ambulans, DKI Simulasi Penggunaan Truk untuk Angkut Jenazah Covid-19

Kontak lainnya dapat dihubungi melalui pesan singkat WhatsApp dengan nomor 08111799616 serta dapat menghubungi media sosial Instagram PMI Kota Tangerang.

Masyarakat yang menggunakan jasa penjemputan ambulans, cukup membayar biaya operasional yang dikeluarkan selama perjalanan menuju RS rujukan.

PMI Tangerang menyediakan layanan ambulans setiap hari selama 24 jam. 

"Masyarat yang menggunakan layanan ambulans kami, cukup mengganti biaya operasional, baik perjalan di dalam maupun luar kota Tangerang," tutur Ade Kurniawan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved