Breaking News:

Asrama Haji

Ridwan Kamil Perbolehkan Pemkot Bekasi Pergunakan Asrama Haji Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan izin kepada Pemkot Bekasi untuk menggunakan Asrama Haji sebagai lokasi isolasi mandiri pasien Covid-19.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Valentino Verry
Wartakotalive.com/Hironimus Rama
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengizinkan Pemkot Bekasi untuk memakai Asrama Haji sebagai lokasi isolasi pasien Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan sinyal lampu hijau kepada Pemkot Bekasi untuk mempergunakan Asrama Haji Bekasi sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 di Kota Bekasi.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menjelaskan wacana itu muncul setelah pihaknya melaporkan kepada Ridwan Kamil mengenai terbenturnya kerja sama pemkot dengan RS Budi Lestari akibat permasalahan administrasi.

Baca juga: TIPS Merawat Anak yang Positif Covid-19 dan Harus Isolasi Mandiri, Simak Persyaratannya

"Kerja sama dengan RS Budi Lestari saya kira ada sedikit kesulitan berkenaan dengan CAPA risk falls, karena CAPA Risk-nya itu mesti rumah sakit yang lengkap dokumennya. Kalau kemarin sih Pak Gubernur sudah menyampaikan silakan pakai asrama haji," kata Rahmat saat ditemui di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi Selatan, Rabu (30/6/2021).

Lantaran hal tersebut, biaya sewa tak bisa dibebankan oleh Kementerian Kesehatan, melainkan menggunakan APBD Kota Bekasi.

Namun sayangnya, Pemkot Bekasi saat ini juga sedang dalam situasi kekurangan dana akibat imbas Covid-19.

"Tapi kalau kita kerja sama dalam bentuk sewa pakai, Insya Allah bisa. Artinya kita kan harusnya yang menjadi proses perawatan terus ada charge di situ oleh kementerian, tidak dibebankan ke kita. Tapi di kementerian ada kesulitan administrasi," ungkapnya.

Baca juga: Dua Rusun di Cakung Jadi Tempat Isolasi, 502 Kamar Kosong Siap Dihuni Pasien Covid-19

Pihaknya hingga kini belum mengambil keputusan mengenai lokasi yang nantinya akan jadi tempat isolasi pasien-pasien Covid-19.

Apabila nanti pemkot jadi menggunakan Asrama Haji, beberapa gedung di sana hanya akan dijadikan tempat pemulihan pasien Covid-19 yang sebelumnya telah ditampung di rumah sakit rujukan Covid-19.

"Tapi Asrama Haji hanya untuk isolasi mandiri dan proses perawatan yang dinyatakan sudah mau masuk ke proses penyembuhan sebagai bentuk mengurai BOR kita," tutur Rahmat.

Baca juga: Asrama Haji Bakal Jadi Tempat Isolasi. Indris: Masih Ada Kamar yang Perlu Perbaikan

Sebelumnya, Pemkot Bekasi berencana menggunakan RS Budi Lestari di Jalan KH Noer Ali, untuk dijadikan tempat isolasi pasien-pasien Covid-19.

Terdapat 180 tempat tidur yang telah tersedia guna menampung pasien-pasien yang masih menunggu kepastian untuk mendapatkan ruang perawatan di rumah sakit.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved