Breaking News:

Idul Adha

MUI Kabupaten Bekasi Minta Masyarakat di Zona Merah Covid-19 Salat Idul Adha di Rumah Saja

MUI Kabupaten Bekasi menghimbau masyarakat yang masih berada di zona merah Covid-19 agar melaksanakan salat Idul Adha di rumah saja.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Hertanto Soebijoto
Wartakotalive.com/Muhammad Azzam
Sekjen MUI Kabupaten Bekasi, Muhiddin Kamal mengatakan, bagi kawasan zona merah salat Idul Adha di rumah saja, sementara zona kuning boleh di masjid dengan menerapkan protokol 5M yang ketat, Rabu (30/6/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI---- Menyambut Rari Raya Idul Adha yang akan jatuh pada 20 Juli 2021, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bekasi menghimbau masyarakat yang masih berada di zona merah Covid-19 agar melaksanakan salat Idul Adha di rumah saja.

Bagi masyarakat yang berada di zona kuning, sholat Idul Adha bisa dilakukan di masjid terdekat dengan menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

"Kalau zona merah di rumah saja, sementara zona kuning boleh salat Idul Adha di masjid dengan menerapkan protokol 5M yang ketat," kata Sekjen MUI Kabupaten Bekasi, Muhiddin Kamal pada Rabu (30/6/2021).

MUI telah bekerjasama dengan pemerintah desa, kelurahan, kecamatan hingga Polres dan Kodim untuk menerapkan himbauan salat Idul Adha itu.

Pemetaan zonasi wilayahnya disesuaikan dengan pendataan yang jelas dan terarah dari PPKM Mikro.

Baca juga: Kemenag Terbitkan Edaran, Larang Salat Idul Adha di Zona Merah dan Oranye

Baca juga: Salat Idul Adha di Masjid Raya Jakarta Islamic Centre, Jamaah Diajak Bangun Optimisme

Muhiddin mengungkapkan, berdasarkan kaidah ajaran Islam, pelaksanaan salat Idul Adha bisa diganti dari salat berjamaah di masjid menjadi salat di rumah. 

"Kaidah tentang solat tersebut bisa diganti, seperti halnya salat jumat bisa diganti dengan salat zuhur di rumah. Salat berjamaah diganti sendiri karena itu panduan yang ada sejak jaman rosul," jelasnya.

Data terbaru dari laman resmi Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi, pikokabsi.bekasikab.go.id, Rabu (30/6/2021), yang di update pukul 11.00 WIB, jumlah kasus positif Covid-19 bertambah sebanyak 317 orang.

Kasus meninggal dunia bertambah 2 orang menjadi total 322 orang.

Baca juga: Belasan Ribu Jemaah Ikuti Salat Idul Adha 1441 Hijriah di Masjid Raya Jakarta Islamic Centre

Untuk pasien yang dirawat di rumah sakit berkurang 2 orang menjadi 470 orang.

Kemudian pasien isoman bertambah 15 orang menjadi 1.936 orang. (MAZ)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved