Breaking News:

Narkoba

Perangi Narkoba, Polres Metro Jaksel Bersama BNNK Jaksel Musnahkan 167,8 Kilogram Tembakau Sintetis

Perangi Narkoba, Polres Metro Jakarta Selatan Bersama BNNK Jakarta Selatan Musnahkan Narkoba Jenis Tembakau Sintetis Seberat 167,8 Kilogram

Penulis: Ramadhan L Q | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Azis Andriansyah bersama Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Wadi Sa'bani dan Kepala Badan Narkotika Nasional Kotamadya (BNNK) Jakarta Selatan, Dikdik Kusnadi memusnahkan barang bukti narkoba jenis tembakau sintetis di halaman Mapolres Metro Jakarta Selatan, Kebayoran Baru, Jakarta selatan pada Selasa (29/6/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, KEBAYORAN BARU - Polres Metro Jakarta Selatan memusnahkan barang bukti narkoba jenis tembakau sintetis di halaman Mapolres Metro Jakarta Selatan, Selasa (29/6/2021).

Total barang bukti yang disita sebanyak 167.876 kilogram selama periode Juni 2021.

Sebelum dimusnahkan polisi, barang haram tersebut kembali dilakukan proses uji keaslian narkoba menggunakan alat tes.

Setelah dilakukan uji keaslian, tembakau yang termasuk dalam Narkotika Golongan I jenis MDMB-4en PINACA itu kemudian dibakar di dalam drum berbahan seng. 

Dikutip dari situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), MDMB-4en-PINACA adalah cannabinoid sintetis dengan bahan inti indazole dan alkena terminal pada rantai samping.

MDMB-4en-PINACA sebagai zat berbahaya yang mempunyai efek empat kali lebih berat dibanding ganja. 

Baca juga: Lawan Virus Corona, Anies Baswedan Kerahkan OPD untuk Bantu RSUD Tangani Pasien Covid-19

Setelah diuji, Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Azis Andriansyah bersama Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Wadi Sa'bani dan Kepala Badan Narkotika Nasional Kotamadya (BNNK) Jakarta Selatan, Dikdik Kusnadi memusnahkan seluruh barang bukti narkoba jenis tembakau sintetis dengan cara dibakar.

Usai pemusnahan barang bukti, Azis mengatakan narkoba jenis tembakau sintetis ini merupakan bagian dari penyalahgunaan narkotika.

“Itu bagian dari penyalahgunaan narkotika. Ini juga perlu menjadi pemahaman bagi masyarakat, sehingga bisa meningkat kesadarannya tentang bahaya narkotika,” ujarnya untuk memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021.

Baca juga: Anies Baswedan Berikan Dukungan Moril kepada Para Tenaga Kesehatan Covid-19 di RSUD Koja

“Kadang-kadang berkamuflase dalam berbagai bentuk, yang sekarang sering beredar yang kita ketahui ada sabu, ekstasi, ganja, dan tembakau sintetis seperti saat ini,” lanjut Azis.

Tak hanya memusnahkan barang bukti, Polres Metro Jaksel juga memberikan penghargaan kepada para personelnya yang berhasil mengungkap kasus narkoba.

“Kami ingin menimbulkan kesadaran yang lebih tinggi lagi kepada masyarakat tentang bahayanya narkoba. Perlu diketahui oleh masyarakat bahwa narkotika terus berkembang,” katanya. (m31)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved