Breaking News:

Kesehatan

Enam Ramuan Tumbuhan Tradisional Ini Cocok untuk Menjaga kesehatan saat Pandemi Covid-19

Secara umum, herbal, pengertiannya adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan.

Editor: Hertanto Soebijoto
istimewa
Kesadaran memanfaatkan herbal untuk menjaga kesehatan dan pengomatan semakin mendapat tempat di masyarakat Indonesia kala pandemi Covid-19 mulai mewabah di Indonesia, sejak awal Maret 2020 lalu. Foto ilustrasi tanaman herbal pegagan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Sebelum dunia kedokteran modern dan obat-obatan produk farmasi menjangkau ke seluruh pelosok Tanah Air, masyarakat secara turun temurun telah memanfaatkan kegunaan tumbuhan tradisional untuk menjaga kesehatan, bahkan untuk pengobatan.

Kesadaran memanfaatkan herbal untuk menjaga kesehatan dan pengomatan semakin mendapat tempat di masyarakat Indonesia kala pandemi Covid-19 mulai mewabah di Indonesia, sejak awal Maret 2020 lalu.

Intinya, segala ikhtiar menjaga dan memulihkan kesehatan selama masa pandemi Covid-19 saat ini banyak dilakukan masyarakat, bagi para penyintas maupun publik lainnya.

Ancaman dan risiko tertular virus corona jenis baru penyebab Covid-19, yang dalam perkembangannya telah terjadi mutasi virus, kini mengintai siapa saja, terlebih bila kondisi kesehatannya sedang menurun.

Dari beragam kesaksikan para penyintas, yang kemudian dinyatakan sembuh dari Covid-19, tidak sedikit yang menceritakan bagaimana ramuan tumbuhan tradisional -- yang kini populer dengan sebutan herbal -- bisa memulihkan daya tahan tubuhnya.

Secara umum, herbal, pengertiannya adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan.

Baca juga: PBNU dan Mustika Ratu Gelar Acara Bincang Kesehatan Sambut Ramadan, Ada Herbal Jaga Stamina 

Baca juga: Mustika Ratu Dukung Pertemuan Ilmiah Tahunan Pertama Perkumpulan Disiplin Herbal Medik Indonesia

Ikhwal pemanfaatan tumbuhan herbal itu mendapat penguatan dari Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes Bambang Wibowo, melalui Surat Edaran (SE) Nomor: HK.02.02/IV.2243/2020.

SE itu tertanggal 19 Mei terkait Pemanfaatan Obat Tradisional untuk Pemeliharaan Kesehatan, Pencegahan Penyakit dan Perawatan Kesehatan.

Dalam SE itu dijelaskan enam ramuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, yakni:

Ramuan 1: Berbahan jahe merah, jeruk nipis, kayu manis, gula merah dan air.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved