Virus Corona Bodebek

Tangani Lonjakan Kasus Covid-19 Kabupaten Bekasi, Polres Metro Bekasi Jalankan Lima Pedoman Kapolri

Polres Metro Bekasi Jalankan Lima Pedoman Kapolri Tangani Lonjakan Kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Petugas melakukan edukasi protokol kesehatan kepada warga Cikarang, Kabupaten Bekasi pada Minggu (27/6/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Polres Metro Bekasi langsung menjalankan lima pedoman manajemen dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dalam penanganan kasus Covid-19 yang sedang melonjak.

Kapolri menerbitkan buku digital (e-book) pedoman manajemen kontijensi penanganan klaster Covid-19. Buku digital tersebut berisi hal-hal yang harus dipersiapkan dalam satu wilayah, untuk mencegah dan menangani penyebaran Covid-19.

Merespon penerbitan e-book tersebut, Kapolres Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan, langsung memerintahkan jajarannya hingga ke tingkat Polsek untuk menjadikan e-book sebagai pedoman utama dalam menghentikan laju penyebaran Covid-19.

"Jadi sudah kami minta perintah ke jajaran, dan sudah juga langsung kami jalankan. Bahwa sebelum terbit e-book itu sebagian besar sudah kami jalankan," kata Hendra, pada Minggu (27/6/2021).

Hendra menerangkan lima pedoman utama itu mulai dari persiapan.

Di situ, ada persiapan penentuan posko pengendalian jika terjadi klaster, pemberdayaan posko PPKM mikro di tingkat desa/ kelurahan, penentuan tempat isolasi terpusat, hingga penyiapan kebutuhan logistik.

Baca juga: Dua WNA Bandar Narkoba Lolos Hukuman Mati, Berikut Ini Tanggapan dari INW Hingga Pengamat Kepolisian

"Termasuk penyiapan sarana dan prasarana seperti alat kesehatan dan edukasi Covid-19 di masyarakat," jelas Hendra.

Ia melanjutkan, pedoman kedua ialah penutupan area.

Dilakukan one gate system yang dijaga petugas, penutupan jalan atau kawasan titik penyebaran serta pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat.

"Pedoman ketiga dan kita lakukan pelacakan, penelusuran serta testing berupa antigen dan PCR bersama Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat. Mereka yang postif langsung dibawa ke tempat isolasi terpusat, rumah sakit rujukan ataupun isolasi di rumah dengan pengawasan ketat," imbuh dia.

Baca juga: Siap Dipanggil Polisi, Nikita Mirzani Bantah Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Pencemaran Nama Baik

Selanjutnya, pedoman kelima, yakni melakukan treatment seperti karantina, isolasi serta perawatan medis.

Tugasnya, kata Hendra, satgas dari kepolisian wajib memastikan warga yang tengah isolasi kebutuhannya terpenuhi dan fasilitas ambulans serta ketersediaan ruang perawatan bagi warga positif bergejala.

"Semua ini tentu bekerjasama dengan pemerintah daerah, diharapkan semua pedoman itu jika dijalankan dengan baik dapat menekan angka penyebaran corona," tutup Hendra. 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved