Breaking News:

Berita Nasional

Pulihkan Ekonomi Serta Atasi Pandemi, Sandiaga Uno Usulkan Hotel Jadi Fasilitas Kesehatan Sementara

Pulihkan Ekonomi Sekaligus Atasi Pandemi Covid-19, Sandiaga Uno Usulkan Hotel Jadi Fasilitas Pelayanan Kesehatan Sementara

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa/Kemenparekraf
Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno menjalani vaksinasi perdana hari ini, Selasa (8/6/2021). Vaksinasi yang digelar atas kolaborasi Kemenparekraf, Kementerian kesehatan dan Alo Dokter itu dijalani di Sentra Vaksinasi Covid-19 yang bertempat di Neo Soho Central Park, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Melonjaknya kasus covid-19 di seluruh pelosok Nusantara memicu kembali pelambatan ekonomi.

Seluruh sektor terpaksa dihentikan sementara, tidak terkecuali pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) nasional.

Guna memulihkan ekonomi sekaligus menanggulangi pandemi covid-19, Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mengusulkan agar hotel dapat dijadikan sebagai fasilitas pelayanan kesehatan sementara.

Lewat kebijakan tersebut, dirinya meyakini langkah pemulihan ekonomi dapat tetap berjalan, begitu pula dengan penanggulangan pandemi covid-19.

Pelayanan kesehatan yang meliputi promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif dalam penanggulangan pandemi covid-19 pun diungkapkannya dapat dilakukan lewat pelibatan sektor parekraf.

"Kenapa kita nggak manfaatkan hotel, itu semua kosong, dan kita bisa bayar itu semua, ada dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional)," ungkap Sandiaga Uno dalam rapat virtual bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pada Sabtu (27/6/2021).

Baca juga: Sandiaga Uno: Event Sound of Borobudur Dapat Tingkatkan Pariwisata Berkualitas & Buka Lapangan Kerja

Dirinya pun menegaskan gagasan tersebut sangat masuk akal.

Sebab, tak hanya memiliki fasilitas yang memadai untuk menampung tenaga kesehatan (nakes) hingga pasien covid-19 yang terkategori Orang Tanpa Gejala (OTG), tingkat keterisian hotel pun diungkapkannya sangat rendah saat ini.

"Kalau kita convert (mengubah) banyak banget hotel yang kosong, sekarang pada ngemis-ngemis, saya setiap hari nerima 40-50 hotel yang bilang, 'pak kami ready pak, please send nakes, please send OTG atau orang dengan gejala yang minor," ungkap Sandiaga Uno.

"Why not use it (kenapa tidak gunakan hotel), itu adalah sekali mengayuh, dua-tiga pulau terlampaui, gitu loh. Ini yang perlu saya perlu kita koordinasi lagi, kita perlu sinkronisasi," tegasnya.

Baca juga: Berselimut Kabut, Sandiaga Uno Rasakan Sensasi Yoga di Kawasan Candi Borobudur

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved