Vaksinasi Covid 19

Ingin Ikut Vaksinasi Massal di Stadion Patriot Candrabhaga 1 Juli Nanti, Begini Cara Daftarnya

"Pastikan dulu RT/RW telah berkoordinasi dengan kelurahan setempat agar pendaftaran bisa dilakukan secara kolektif.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dedy
Istimewa
Vaksinasi massal 25.000 dosis akan dilakukan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, 1 Juli 2021 mendatang. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI SELATAN -- Pemkot Bekasi kembali menggelar program vaksinasi massal pada Kamis (1/7/2021) mendatang di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Wali Kota Bekasi menjelaskan, setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau vaksinasi massal pada Senin (14/6/2021) lalu, pihaknya telah menerima alokasi vaksin dari Kementerian Kesehatan sebanyak 170.000 dosis.

"Pertama kita ngucapin terima kasih, sejak Pak Presiden ke sini dan Menteri Kesehatan ke sini, kita diberikan kuota 170.000 vaksin. Makanya ini lagi ramai di masyarakat yang 25.000 itu tanggal berapa, saya informasikan tanggal 1 Juli," kata Rahmat saat ditemui di RSUD Bekasi, Sabtu (26/6/2021).

Masyarakat ber-KTP Kota Bekasi, terlebih dahulu harus mendaftarkan diri di kelurahan masing-masing lantaran terdapat proses skrining yang harus dilakukan sehari sebelum vaksinasi massal dilaksanakan.

"Pastikan dulu RT/RW telah berkoordinasi dengan kelurahan setempat agar pendaftaran bisa dilakukan secara kolektif. Intinya, pusat pendaftaran ada di kelurahan masing-masing," ucapnya.

Rahmat menambahkan masyarakat ber-KTP Kota Bekasi hanya perlu membawa fotokopi KK dan KTP.

Sedangkan bagi warga tinggal di Kota Bekasi namun tak ber-KTP Bekasi, wajib mencantumkan surat pengantar dari RT/RW.

Setelah itu, proses skirining beserta swab antigen akan dilakukan di kelurahan sehari sebelum pelaksanaan vaksinasi massal.

"Semua masyarakat boleh mendaftar, baik yang usia produktif, maupun lansia," ujar Rahmat.

Sejauh ini, Pemkot Bekasi telah melakukan sebanyak 3 kali vaksinasi massal. Tahap pertama dilakukan pada Senin (14/6/2021) sebanyak 2.000 dosis, kemudian pada Sabtu (19/6/2021) sebanyak 4.000 dosis. Lalu, Rabu (23/6/2021) lalu, sebanyak 8.000 dosis.

Tunggu di kursi roda

Jumlah pasien yang menunggu tempat tidur di ruang perawatan RSUD Bekasi semakin bertambah. Mereka terpaksa menunggu di kursi roda sambil menunggu kepastian terkait ketersediaan ruang perawatan.

Semakin banyaknya jumlah pasien yang menunggu di kursi roda menyebabkan RSUD Bekasi mendirikan tenda tambahan. Ada pun tenda tambahan difasilitasi oleh Kementerian Sosial (sosial).

"Jadi untuk perlengkapan ini, untuk membantu karena banyak yang kena covid itu memerlukan tempat. Sehingga Kementrian Sosial hadir di sini, bagaimana supaya bisa ditangani," kata Kasubbid Tata Kelola Bencana Kementrian Sosial, Wahyono di lokasi, Sabtu (26/6/2021).

Pemkot Bekasi sendiri telah menjalin komunikasi dengan Kemensos untuk mengajukan penambahan tenda. Terdapat 5 tenda berisi 100 kasur lipat (velbed).

"Jadi sesuai kesepakatan dengan Pak Wali Kota, kita dititipkan tenda. Ada 5 tenda, kasur 40 buah, selimut 140 buah, sama pelbed 100 unit," ucapnya.

Wahyono mengungkapkan tenda akan didirikan selama dibutuhkan hingga lonjakan pasien mulai mereda.

Baca juga: Percepat Penanganan Pasien Covid-19, Pemkot Bekasi Akan Buka Tempat Isolasi di Sejumlah Lokasi

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved