Breaking News:

Berita Jakarta

Tampung Pasien Covid-19, RSUD Tarakan Bakal Bangun Tenda Darurat di SDN 02 Cideng

"Tarakan lagi persiapan hari ini tendanya datang. Kalau yang lain dibeberapa rumah sakit swasta kayaknya sudah ada karena ada lapangan," kata Erizon

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Dedy
Warta Kota/Joko Suprianto
Kasudin Kesehatan Jakarta Pusat, Erizon Safari mengatakan di Jakarta Pusat baru RSUD Tarakan yang mulai mempersiapkan pendirian tenda darurat, sesuai dengan arahan Dinkes. 

WARTAKOTALIVE.COM,GAMBIR --- Dinas Kesehatan DKI Jakarta menginstruksikan para direktur dan kepala rumah sakit se-DKI Jakarta menyediakan aula hingga tenda demi menampung pasien Covid-19.

Langkah ini dilakukan demi menambah kapasitas tempat tidur perawatan pasien Covid-19 pasca-lonjakan jumlah kasus di Ibu Kota. 

Terkait instruksi itu, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, Erizon Safari mengatakan di Jakarta Pusat baru RSUD Tarakan yang mulai mempersiapkan pendirian tenda darurat, sesuai dengan arahan Dinkes.

"Tarakan lagi persiapan hari ini tendanya datang. Kalau yang lain di beberapa rumah sakit swasta kayaknya sudah ada karena ada lapangan," kata Erizon Safari dikonfirmasi, Jumat (25/6/2021).

Dikatakan Erizon, beberapa RSUD di Jakarta Pusat memang terkendala terkait lahan untuk mendirikan tenda.

Ia pun juga sempat memantau beberapa RSUD, salah satunya di RSUD Tanah Abang, hanya saja di sana tidak ada lahan yang memadai untuk membangun tenda darurat.

"Kalau untuk RSUD kita yang lain tidak ada Lahannya. Tadi kita survey di RSUD Tanah Abang, di sana lahannya full, di depannya dibuat lab Mobil PCR. Kaya Tarakan itu nggak ada lahan cuma ada sekolah yang akhirnya digunakan," katanya.

Tidak adanya lahan maupun ruangan yang mencukupi, pihaknya memutuskan untuk menggunakan SDN 02 Cideng, Jakarta Pusat sebagai tempat untuk mendirikan tenda darurat, apalagi lokasinya berdekatan dengan RSUD Tarakan.

"Kalau Tarakan kan ini lagi mau proses, tadi saya juga survey ke SD sampingnya itu. SDN 02 apa kalo ga salah. Itu nanti kita dirikan tenda di situ untuk menambah kapasitas layanan emergency," ujarnya.

Nantinya di sekolah itu akan didirikan dua tenda darurat yang direncanakan dijadikan penambahan tempat perawatan sementara pasien Covid-19 yang tidak tertangani di UGD saat akan masuk ke RSUD Tarakan.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved