Breaking News:

Virus Corona

Imbauan DMI Jakarta Utara Agar Salat Jumat Ditiadakan di Masjid Kawasan Zona Merah Covid-19

Ketua Dewan Masjid Indonesia Jakarta Utara, Suwardi mengatakan imbauan tidak gelar salat Jumat hanya berlaku bagi masjid di zona merah

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Dian Anditya Mutiara
Wartakotalive/Nur Ichsan
Larangan shalat Jumat untuk daerah di zona merah Covid-19- tampak petugas semuriti Masjid Raya Al Azhom Kota Tangerang, menutup pintu gerbang, seiring peniadaan pelaksanaan solat Jumat fi masjid tersebut, Jumat (25/6/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Masjid yang berada di area zona merah dimbau untuk sementara waktu tidak menggelar salat Jumat menyusul tingginya penyebaran kasus Covid-19 di DKI Jakarta. 

Imbauan itu merujuk pada Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Nomor 796 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jakarta Utara, Suwardi mengatakan imbauan untuk tidak menggelar salat Jumat hanya berlaku bagi masjid yang berada di area zona merah. 

“Ini merupakan ikhtiar bersama agar menekan angka sebaran kasus Covid-19 Jakarta,” kata Suwardi, Jumat (25/6/2021).

Untuk mengetahui status zona sebaran Covid-19, para pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) supaya berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat mulai dari kelurahan, kecamatan, TNI-Polri. 

Baca juga: MUI Imbau Shalat Jumat Diganti dengan Salat Dzuhur di Rumah untuk Kawasan Zona Merah

“Saya sudah sampaikan agar DKM berkoordinasi dengan stakeholder setempat perihal status zona Covid-19 itu,” ungkapnya. 

Imbauan tidak menggelar salat Jumat dilakukan guna menekan angka penyebaran kasus Covid-19 yang tergolong tinggi di DKI Jakarta saat ini.

“Jangan sampai tidak ada koordinasi yang nanti berdampak buruk pada kehidupan kedepannya,” ungkapnya.

Selain itu masjid atau musala di zona merah juga disarankan tidak menggelar kegiatan peribadatan lainnya yang mengundang lebih dari lima orang sementara waktu hingga kasus Covid-19 mereda. 

Baca juga: Salat Jumat di Masjid Nurul Islam Dibagi Dua Gelombang

Suwardi juga menambahkan kegiatan peribadatan semacam seperti kajian, dakwah, dan pendidikan supaya digelar secara daring sebagai antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19. 

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved